This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Karina, Maulidiawati Anggi (2024) Peran guru dalam menanamkan karakter disiplin di kelas VI SD inovatif al-wahyu rewwin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Maulidiawati Anggi Karina_D97217102.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Maulidiawati Anggi Karina_D97217102_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dari hasil observasi karena kurangnya kedisiplinan peserta didik. Kedisiplinan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi akademik. Dalam hal ini peran guru sangat penting dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apa peran guru dalam menanamkan karakter disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripikan peran guru dan factor pendukung serta faktor penghambat dalam menanamkan karakter disiplin pada peserta didik. Hal ini diketahui dari hasil wawancara dan observasi sebelum penelitian dilakukan. Kedisiplinan siswa terbentuk karena peran kepemimpinan guru yang secara tepat menerapkan disiplin di sekolah. Guru juga memiliki peran sebagai suri tauladan dalam pelaksanaan disiplin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan langkah reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Objek penelitian adalah peran guru dalam menanamkan sikap disiplin siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran guru dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik adalah guru berperan sebagai suri tauladan, pembimbing, dan motivator., 2)Faktor pendukung untuk menanamkan karakter disiplin yaitu: adanya kontrol dari kepala sekolah sekolah, pemberian hadiah sebagai apresiasi, hukuman sebagai sanksi, dukungan masyarakat, dan kesadaran peserta didik. Sedangkan faktor penghambat untuk menanamkan karakter disiplin yaitu: peran keluarga atau orang tua peserta didik yang masih kurang, kurangnya minat atau kesadaran peserta didik, serta lingkungan dan tempat bermain
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar | ||||||||||||
| Keywords: | Peran guru; karakter; kedisiplinan | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
| Depositing User: | Maulidia Anggi Karina | ||||||||||||
| Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:11 | ||||||||||||
| Last Modified: | 03 Sep 2025 03:11 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
