EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MA DARUL HIJROH SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bariroh, Kuni (2010) EFEKTIFITAS STRATEGI PEMBELAJARAN POINT COUNTERPOINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA BIDANG STUDI FIQIH DI MA DARUL HIJROH SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
babi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babii.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiii.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babiv.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babv.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
babvi.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Efektifitas Strategi Pembelajaran Point Counterpoint dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Bidang Studi Fiqih di MA Darul Hijroh Surabaya ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint di MA Darul Hijroh Surabaya, bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di MA Darul Hijroh Surabaya, serta efektifkah penggunaan strategi pembelajaran Point Counterpoint dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi fiqih di MA Darul Hijroh Surabaya.
Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini True Eksperimental Design dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XII MA Darul Hijroh Surabaya, yaitu sebagian sebagai kelas eksperimen dan sebagian lagi sebagai kelas kontrol, dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka peneliti mengambil seluruh populasi untuk menjadi sampel jadi penelitian ini termasuk penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar soal pre-test dan post-test, serta lembar angket. Analisis data lembar angket menggunakan analisa prosentase sedangkan Analisis data untuk soal tes (pre-test dan post-test) menggunakan uji t.
Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa : 1). Penerapan strategi pembelajaran Point Counterpoint di kelas XII MA Darul Hijroh Surabaya dikategorikan baik, hal ini dapat di lihat dari hasil prosentase yang diperoleh sebesar 70%. 2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bepikir kritis siswa cukup baik, hal ini terbukti dari hasil angket penelitian menunjukkan prosentase sebesar 58% dan 3). Dari hasil t0 yang telah diperoleh sebesar 4,16, hal ini menunjukkan bahwa t0 lebih besar daripada t1 baik pada taraf signifikansi 5% (2,12) maupun pada taraf signifikansi 1% (2,92). Selain itu ada perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Artinya, strategi pembelajaran Point Counterpoint efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada bidang studi Fiqih di MA Darul Hijroh Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bariroh, KuniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Keywords: Strategi Pembelajaran Point Counterpoint; MA Darul Hijroh Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 00:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item