Implementasi pendidikan holistik dalam membentuk kecerdasan interpersonal santri: studi multi kasus Pondok Pesantren Al-Ishlah Gresik dan Pondok Pesantren Al-Miftah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Novita, May Nur Hidayati (2025) Implementasi pendidikan holistik dalam membentuk kecerdasan interpersonal santri: studi multi kasus Pondok Pesantren Al-Ishlah Gresik dan Pondok Pesantren Al-Miftah Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
May Nur Hidayati Novita_02040823041 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
May Nur Hidayati Novita_02040823041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2028.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan holistik dalam membentuk kecerdasan interpersonal santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah dan Al-Miftah Gresik.. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus permasalahan yang diteliti yaitu: (1) Bagaimana aspek pendidikan holistik yang dikembangkan kedua Pondok Pesantren; (2) Bagaimana dimensi kecerdasaan intrerpersonal yang dikembangkan di kedua Pondok Pesantren; (3) Bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan holistik dalam mengembangkan kecerdasaan interpersonal di kedua Pondok Pesantren. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi multi kasus, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian meliputi pengasuh pondok, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pembina ekstrakurikuler, dan siswa kelas 11. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pondok pesantren mengembangkan pendidikan holistik dengan integrasi aspek intelektual, spiritual, fisik, estetika, emosional, dan sosial. Pondok Pesantren Al-Ishlah lebih menekankan penguatan nilai dan soft skills dengan pendekatan terstruktur, sedangkan Pondok Pesantren Al-Miftah fokus pada penguasaan bahasa asing dan pendekatan multidisiplin. Kecerdasan interpersonal santri dikembangkan melalui kepekaan sosial, wawasan sosial, dan komunikasi sosial. Strategi pelaksanaan pendidikan holistik melibatkan perencanaan terintegrasi, pelaksanaan berbasis pengalaman, dan evaluasi komprehensif yang melibatkan berbagai pihak, termasuk orang tua. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan holistik berkontribusi signifikan terhadap pengembangan kecerdasan interpersonal santri, menghasilkan individu yang cerdas akademik dan memiliki keterampilan sosial yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Novita, May Nur Hidayatimaynurhidayah5567@gmail.com02040823041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFuad, Ah. Zakkizakkif@gmail.com2027047401
Thesis advisorMardiyah, Mardiyahummi.mardiyah@gmail.com2025076703
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Implementasi Pendidikan Holistik; Kecerdasan Interpersonal; Pondok Pesantren Al-Ishlah; Pondok Pesantren Al-Miftah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: may nur hidayati novita
Date Deposited: 28 Sep 2025 09:24
Last Modified: 28 Sep 2025 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83523

Actions (login required)

View Item View Item