Efektifitas strategi pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sam, Nur Abidatul Lailiyah (2010) Efektifitas strategi pembelajaran Elaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: https://abidahsam.wordpress.com/2008/11/15/curricu...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran PAI yang seharusnya bukan hanya dipelajari tetapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari ini, sangat membosankan dan materinya agak sulit dipahami bagi siswa SMP. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi terhambat dan prestasi belajarpun kurang maksimal. Kurangnya kemaksimalan prestasi belajar ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya, materi yang sulit dipahami, suasana kelas yang kurang nyaman dan menyenangkan, serta faktor guru yang tidak dapat memaksimalkan proses pembelajaran dan tidak bisa memilih strategi yang tepat dan efektif sehingga peserta didik kesulitan memahami materi yang diajarkan.
Pembelajaran elaborasi adalah salah satu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik. Dalam pembelajaran ini guru mempersiapkan pembelajaran dengan sangat baik yakni membuat kerangka isi materi pelajaran sebelum mengajarkan kepada peserta didik, kemudian peserta didik yang mengembangkan materi dengan konstruk pemikiran yang telah dimiliki siswa sebelumnya. Selanjutnya peserta didik merangkum materi agar apa yang telah dijelaskan bisa diserap oleh peserta didik dalam jangka panjang yakni berupa catatan. Sehingga dengan menggunakan strategi elaborasi ini diharapkan peserta didik dapat mengoptimalkan prestasi belajar pada bidang studi PAI.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana penerapan strategi pembelajaran elaborasi di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo, 2) bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo, 3) sejauhmana tingkat efektifitas penerapan strategi pembelajaran siswa dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas VIII SMPN 1 Gedangan Sidoarjo yang terdiri delapan kelas dari kelas VIII A sampai kelas VIII H. Adapun sampel penelitian ini terdapat kelas ekperimen yaitu kelas VIII A dan kelas kontrol yaitu kelas VIII F. Jenis penelitian ini merupakan penelitian test control group design dengan desain pre test dan post test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan menggunakan pendekatan quase experiment. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil post test kelas eksperimen dengan menggunakan rumus polled varian, dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif.
Berdasarkan analisis kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran elaborasi selama dua kali pertemuan dengan nilai rata-rata 3,75 yang berarti sangat baik. Hasil analisis aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran elaborasi tergolong aktif dengan nilai rata-rata aktivitas siswa aktif sebesar 23,44%, sedangkan jumlah rata-rata aktivitas siswa tidak aktif adalah 3,13%. Hasil analisis untuk prestasi belajar siswa pada pembelajaran elaborasi termasuk baik, dengan prosentase 69,44%. Sedangkan berdasarkan analisis data statistic dengan menggunakan polled varian diperoleh thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti strategi pembelajaran elaborasi lebih efektif daripada pemebelajaran konvensional.
Dari beberapa penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran elaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SMPN 1 Gedangan Sidoarjo dapat dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Hisbullah Huda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sam, Nur Abidatul Lailiyah--D01206230
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hizbullah--
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 11 Nov 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8363

Actions (login required)

View Item View Item