Peran kepala madrasah dalam mengembangkan inovasi pendidikan melalui program plus keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftachul (2024) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan inovasi pendidikan melalui program plus keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftachul Jannah_D93219086 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Miftachul Jannah_D93219086 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 August 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Inovasi Pendidikan melalui Program Plus Keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri, dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran kepala madrasah dalam mengembangkan inovasi pendidikan melalui program plus keterampilan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan program plus keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan yang terdiri dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurkulum, dan guru keterampilan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran kepala madrasah dalam mengembangkan inovasi pendidikan melalui program plus keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri menerapkan beberapa fungsi kepala madrasah yaitu sebagai evaluator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan juga motivator. (2) faktor pendukung dari pelaksanaan program plus keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kediri ada 4, yaitu (a) memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, (b) pendanaan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan program, (c) mendapatkan dukungan dari stakeholder madrasah dan masyarakat sekitar, dan (d) memiliki tenaga pendidik atau guru yang ahli dan sangat kompeten pada bidangnya. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu waktu pembelajaran yang dirasa kurang mencukupi untuk digunakan oleh peserta didik dalam mempelajari dan mempraktikkan sebuah keterampilan yang diminati dan ditekuni.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Miftachuljannah22135@gmail.comD93219086
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRifa'i, Muh. Khoirulrifai@uinsby.ac.id2012078201
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Peran Kepala Madrasah; Inovasi Pendidikan; Program Plus Keterampilan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miftachul Jannah
Date Deposited: 31 Aug 2025 12:34
Last Modified: 31 Aug 2025 12:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83716

Actions (login required)

View Item View Item