Strategi pengaturan ruang kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Model Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Yanuar Endra (2010) Strategi pengaturan ruang kelas dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTsN Model Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Yanuar Endra Kurniawan_D321205008.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Berkaitan dengan pengajaran dikelas yang dilakukan oleh guru, maka sangat penting sekali dilaksanakan pengaturan ruang kelas dalam menciptakan kondisi kelas yang kondusif sehingga diharapkan prestasi belajar siswa berada pada tingkat optimal. Dalam proses belajar mengajar dikelas, tidak semua siswa memiliki motivasi yang sama terhadap mata pelajaran. Oleh karena itu diantara salah satu cara yang perdigunakan guru untuk membangkitkan semangat belajar sehingga prestasi belajar siswa meningkat adalah dengan menggunakan pengaturan ruang kelas. Aadapun rumusan masalah yang dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pengaturan ruang kelas sebagai sebuah strategi keberhasilan dalam menciptakan kelas yang kondusif ? Bagaimana prestasi belajar siswa dalam mempelajari Aqidah Akhlak sebelum dan sesudah menerapkan strategi pengaturan ruang kelas ?. Seberapa efektifkah pengaturan ruang kelas ini dalam meningkatkan prestasi belajar dapat menciptakan kondisi belajar yang efektif ?
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa metode antara lain : metode Observasi, Interview, Angket dan Dokumentasi. Adapun tekhnik analisis yang digunakan adalah tekhnik analisis deskriptif kuantitatif prosentase dengan tekhnik analisis statistic product moment.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya pengaruh dari engaturan ruang kelas terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTsN Model kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Hal ini berdasarkan dari hasil analisis yang diperoleh yaitu rxy = 0,640 yang telah dikonsultasikan pada tabel r product moment maka terletak diantara 0,40 – 0, 70 yang berarti sedang atau cukup baik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Yanuar EndraUNSPECIFIEDD321205008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengaturan ruang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 27 Jun 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8380

Actions (login required)

View Item View Item