EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PAI SISWA DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Nor (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR PAI SISWA DI SMAN 1 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan mengajar yang dilakukan oleh guru dan belajar oleh murid. Proses pembelajaran sendiri yang dikatakan efektif apabila perencanaan yang telah disusun sebagian besar dapat tercapai. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menjadikan siswa lebih aktif di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung dan guru diharapkan membuat persiapan dalam mengajar sehingga model pembelajaran yang di dominasi oleh para guru dapat dihindari.
Pembelajaran kooperatif tipe artikulasi merupakan pembelajaran yang menggunakan kelompok kecil dengan anggota dua orang, sehingga pembelajaran ini menuntut siswa untuk berperan aktif demi kemajuan dan keberhasilan anggota kelompoknya. Sedangkan permasalahan yang diambil adalah bagaimana pembelajaran kooperatif tipe artikulasi, ketuntasan belajar PAI siswa dan efektifitas pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap ketuntasan belajar PAI siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dan menggunakan desain penelitian one the one shot case study. Sedangkan untuk populasi dalam sampel ini adalah kelas X dan sampel diambil secara purposive, (sampel purposive) adapun analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif, yaitu menyajikan data dan menggambarkannya secara jelas dan singkat melalui statistik yang berbentuk prosentase dan rata-rata yang kemudian di visualisasikan melalui tabel.
Keefektifan pembelajaran kooperatif tipe artikulasi disini ditinjau berdasarkan empat aspek, yaitu aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ketuntasan belajar siswa dan respon siswa. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek diatas dipenuhi, yaitu aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengajar efektif dan respon siswa positif.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa data tentang pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe artikulasi di SMAN 1 Taman Sidoarjo tergolong baik, terbukti dengan hasil prosentasenya yaitu 76,86%. Dan untuk ketuntasan belajar PAI, tergolong tuntas baik secara individu maupun klasikal. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase ketuntasan belajar siswa secara individu mencapai 75 % - 95% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai persentase 83%. Sedangkan untuk membuktikan ada tidaknya efektivitas pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap ketuntasan belajar siswa dapat dilihat dari aspek kemampuan guru disini mengelola pembelajaran dan aktivitas diperoleh, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong baik dan aktivitas siswanya tergolong aktif. Maka dalam hal ini, pembelajaran kooperatif tipe artikulasi di SMAN 1 Taman Sidoarjo terbukti efektif. Dengan demikian hipotesis alternatif yang diberikan dapat diterima yaitu adanya efektifitas pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap ketuntasan belajar PAI siswa di SMAN 1 Taman Sidoarjo, dapat diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Anwar Rasjid
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, NorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Artikulasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 05:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8385

Actions (login required)

View Item View Item