Analisis maslahah mursalah terhadap penyelesaian penumpukan barang akibat pembatalan pesanan di agen ekspedisi JNE Imam Bonjol Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Chubeisy, M. Abdhulloh (2025) Analisis maslahah mursalah terhadap penyelesaian penumpukan barang akibat pembatalan pesanan di agen ekspedisi JNE Imam Bonjol Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Abdhulloh Al Chubeisy_05020221055 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
M. Abdhulloh Al Chubeisy_05020221055 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penumpukan barang akibat pembatalan pesanan oleh konsumen menjadi salah satu persoalan yang kerap terjadi di agen ekspedisi JNE Imam Bonjol Sidoarjo. Permasalahan ini tidak hanya berdampak pada efisiensi ruang penyimpanan, tetapi juga mengganggu kelancaran operasional dan kualitas layanan pengiriman barang. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup dua hal, yaitu bagaimana praktik penumpukan barang terjadi akibat pembatalan pesanan dan bagaimana analisis maslahah mursalah dapat dijadikan solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum empiris dengan jenis kajian socio-legal, yang menggabungkan metode hukum normatif dan pendekatan ilmu sosial. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dengan pihak agen ekspedisi dan konsumen, serta studi dokumentasi. Pendekatan kasus digunakan untuk menganalisis situasi yang terjadi secara nyata di lapangan, dan data dianalisis menggunakan metode induktif guna menarik kesimpulan berdasarkan pola umum dari temuan empiris. Berdasarkan hasil penelitian, penumpukan barang di agen JNE Imam Bonjol terjadi karena beberapa faktor, di antaranya pembatalan pesanan secara mendadak, kesalahan alamat, serta barang COD yang tidak diambil. Dalam perspektif maslahah mursalah, penyelesaian masalah ini dapat dilakukan dengan mengedepankan asas kemanfaatan umum tanpa bertentangan dengan prinsip syariat Islam. Praktik penanganan pembatalan yang tepat dinilai sejalan dengan nilai maslahah dalam rangka menjaga keberlangsungan operasional dan pelayanan publik. Saran dari penelitian ini adalah perlunya pembenahan sistem administrasi pengiriman, peningkatan komunikasi antara agen dan konsumen, serta perumusan SOP yang didasarkan pada prinsip maslahah. Diharapkan dengan penerapan kebijakan berbasis keadilan dan kemanfaatan, permasalahan penumpukan barang dapat diminimalisir secara efektif dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Chubeisy, M. Abdhullohalchubaisyabdulloh@gmail.com05020221055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBudiono, Mohamadbudielhajj71@gmail.com2 10107101
Subjects: Ekonomi Islam
Fikih > Fikih Mazhab Empat
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Maslahah mursalah; Penumpukan Barang; Agen Ekspedisi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: M. Abdhulloh Al Chubeisy
Date Deposited: 11 Sep 2025 17:47
Last Modified: 11 Sep 2025 17:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83902

Actions (login required)

View Item View Item