Komunikasi persuasif dalam akun media sosial TikTok @jaiiibruh: studi analisis isi kualitatif pada segmen "tutorial umur panjang"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Rizka Mutiara (2025) Komunikasi persuasif dalam akun media sosial TikTok @jaiiibruh: studi analisis isi kualitatif pada segmen "tutorial umur panjang". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Mutiara Ramadhani_04020521082.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rizka Mutiara Ramadhani_04020521082_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2028.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang sangat pesat saat ini membuat perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk meningkatnya jumlah pengguna media sosial. TikTok merupakan salah satu platform hiburan dengan jumlah pengguna paling banyak kedua di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif dan keberhasilan konten yang digunakan dalam konten dengan segmen “Tutorial Umur Panjang” pada akun TikTok @jaiiibruh. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial TikTok pada akun @jaiiibruh dalam segmen “Tutorial Umur Panjang” memiliki unsur-unsur komunikator, isi pesan, karakteristik audiens, dan respon audiens yang digunakan sebagai teknik komunikasi persuasif. Sedangkan keberhasilan konten dihasilkan melalui pemilihan kata,narasi sehari-hari, dan kondisi emosional audiens untuk memperkuat daya tarik konten, serta membangun hubungan emosional dengan pengikutnya, terutama dalam membentuk persepsi positif terhadap hubungan yang sehat dan bahagia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Rizka Mutiararizkaamtr@gmail.com04020521082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohimah, Afifaturafiefatur94@gmail.com--
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi persuasif; TikTok; analisis isi kualitatif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rizka Mutiara Ramadhani
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:05
Last Modified: 11 Sep 2025 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84134

Actions (login required)

View Item View Item