This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lizar, Sofi Nuril (2025) Diksi tarik sis semogko: dalam marketing politik dalam kampanye di Kecamatan Tarik Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Sofi Nuril Lizar_10010121027.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Sofi Nuril Lizar_10010121027_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus terkait pemakaian diksi “tarik sis semongko” pada strategi pemasaran politik Adam Rusdi di Desa Tarik. Di tengah persaingan yang ketat, penggunaan jargon atau slogan yang menarik dan mudah diingat menjadi strategi krusial dari seorang calon anggota legislatif untuk memenangkan hati masyarakat. Salah satu jargon yang muncul di Kecamatan Tarik adalah "Tarik Sis Semongko," yang mencerminkan identitas lokal. Tujuan penelitian ini yakni melakukan identifikasi pemakaian diksi "tarik sis semongko" menjadi strategi pemasaran politik Adam Ruysdi. Penelitian ini menggunakan teori pemasaran politik Philip Kotler untuk melihat segmentasi, targeting, maupun positioning. Marketing politik dari Nifenneger tentang model 4P dalam pemasaran politik yang mencakup product, pomotion, price, dan place. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta mempunyai sifat deskriptif yang pada gilirannya pengumpulan datanya dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, maupun dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Denzin dan Lincoln, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Peneliti menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Adam, yang mencakup segmentasi, targeting, dan positioning, dengan penekanan pada pemakaian diksi "tarik sis semongko" yang menjadi dasar utama dalam strategi kampanye Adam Rusdi. Diksi ini memiliki kedekatan yang kuat dengan budaya lokal, sehingga mampu menciptakan resonansi di kalangan masyarakat. Strategi politik yang digunakan oleh Adam dalam pemilu mengadopsi model 4P, di mana product merujuk pada program kerja dan visi-misi yang ditawarkan, dengan diksi "tarik sis semongko" sebagai elemen sentral untuk menarik perhatian pemilih. Selanjutnya, price mencakup aspek harga ekonomi dan harga psikologis, di mana pemanfaatan diksi ini bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Adam dan program-programnya. Place menggambarkan lokasi kampanye yang dilakukan di Desa Tarik, di mana Adam menggunakan diksi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat setempat untuk menciptakan kedekatan emosional. Terakhir, promotion menggambarkan bagaimana kampanye "tarik sis semongko" memanfaatkan diksi yang menarik dan relevan sebagai alat promosi yang efektif. Dengan demikian, diksi "tarik sis semongko" tidak hanya berfungsi sebagai elemen komunikasi, tetapi juga sebagai fondasi strategis yang mengikat seluruh aspek kampanye Adam Rusdi..
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Pemasaran Partai Politik |
||||||||
| Keywords: | Pemasaran politik; diksi tarik sis semongko; efektivitas diksi | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik | ||||||||
| Depositing User: | Sofi Nuril lizar | ||||||||
| Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:07 | ||||||||
| Last Modified: | 11 Sep 2025 02:07 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
