Literasi numerasi siswa pada pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan lkpd ditinjau dari kemampuan matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Arie A'zamil (2025) Literasi numerasi siswa pada pembelajaran realistic mathematics education (rme) berbantuan lkpd ditinjau dari kemampuan matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arie A'zamil Fikri_06040421067.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Arie A'zamil Fikri_06040421067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2028.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi numerasi siswa pada pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan LKPD ditinjau dari kemampuan matematika pada materi Ukuran Pemusatan Data di SMP Negeri 1 Lamongan. Literasi numerasi adalah kemampuan berpikir yang memanfaatkan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kenyataannya tingkat literasi numerasi di kalangan siswa Indonesia masih relatif rendah. Pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa salah satunya adalah melalui pembelajaran RME karena menggunakan masalah pada dunia nyata serta objek tertentu untuk memahami secara konseptual masalah yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMPN Negeri 1 Lamongan tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yang diperlukan oleh peneliti adalah tes tulis dan wawancara. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yaitu dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi hampir seluruh indikator literasi numerasi dengan baik, hanya saja kurang mampu pada indikator kemampuan komunikasi dan penalaran dan pemberian alasan. Siswa dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan bahwa mampu pada kemampuan memilih strategi untuk memecahkan masalah dan pada kemampuan menggunakan bahasa dan operasi simbolis, formal, dan teknis, sedangkan pada kemampuan lain masih kurang mampu. Sementara itu, siswa dengan kemampuan matematika rendah mengalami kesulitan dalam hampir semua indikator. Siswa hanya mampu pada kemampuan menggunakan bahasa dan operasi simbolis, formal, dan teknis, selebihnya masih kurang mampu dan ada yang tidak mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Arie A'zamilarieazamil@gmail.com06040421067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Matematika Realistik
Keywords: Literasi numerasi; realistic mathematics education (rme); lkpd; kemampuan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: arie a'zamil fikri
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:07
Last Modified: 18 Sep 2025 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84239

Actions (login required)

View Item View Item