Efektivitas Colour Therapy dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Yoena Febilia (2025) Efektivitas Colour Therapy dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yoena Febilia Pramesti_11040121172 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Yoena Febilia Pramesti_11040121172 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2028.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan keterampilan dasar yang penting bagi perkembangan akademik anak, termasuk anak tunagrahita yang memiliki kebutuhan khusus dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh colour therapy terhadap kemampuan membaca siswa tunagrahita di SLB Bina Bangsa Sidoarjo. Colour Therapy merupakan metode yang memanfaatkan stimulasi visual warna untuk meningkatkan daya ingat dalam memahami materi bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest, yang melibatkan 3 siswa tunagrahita usia 15–19 tahun sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui pemberian pretest dan post-test, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yang sesuai yaitu menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test dan perhitungan Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,109 > 0,05 yang memiliki implikasi bahwa Ho diterima dan Ha ditolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dilakukan treatment dan sesudah dilakukan treatment. Namun data kualitatif dan observasi menunjukkan adanya peningkatan beberapa indikator kemampuan membaca meskipun dalam kategori rendah. Temuan ini menunjukkan bahwa colour therapy tetap memiliki potensi positif secara kualitatif. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa keterbatasan penelitian yang menyebabkan colour therapy tidak menunjukkan hasil yang maksimal, yaitu jumlah pertemuan yang sedikit, jumlah subjek penelitian yang sedikit, dan kurangnya jumlah guru pendamping atau observer sehingga mengurangi sifat objektifitas pada penilaian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Yoena Febiliafebiliayoena@gmail.com11040121172
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatin--2012067403
Subjects: Anak
Belajar
Psikologi Belajar
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Colour Therapy; Kemampuan Membaca; Siswa Tunagrahita
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Yoena Febilia Pramesti
Date Deposited: 19 Sep 2025 00:07
Last Modified: 19 Sep 2025 00:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84317

Actions (login required)

View Item View Item