This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Badri, Hasan (2025) Pengembangan peraga yanbua berbantuan canva untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Hasan Badri_02041023002.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Hasan Badri_02041023002_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 22 September 2028. Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya media pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya minat belajar dan kefasihan peserta didik. Peneliti memilih mengembangan peraga yanbu’a berbantuan canva untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didk di madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan desain pengembangan peraga yanbu’a berbantuan canva untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Di MI Bahrul Ulum TambakBeras Jombang. 2) Untuk mendeskripsikan kevalidan peraga yanbu’a berbantuan canva yang telah dikembangkan dalam pembelajaran al-qur’an untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didik Di MI Bahrul Ulum TambakBeras Jombang. 3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan peraga yanbu’a berbantuan canva yang telah dikembangkan dalam pembelajaran al-qur’an untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didik Di MI Bahrul Ulum TambakBeras Jombang. 4) Untuk menganalisis efektifitas penggunaan peraga yanbu’a berbantuan canva yang tealah dikembangkan dalam pembelajaran al-qur’an untuk meningkatkan minat belajar dan kefasihan peserta didik Di MI Bahrul Ulum TambakBeras Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 24 siswa kelas VI A dan 24 siswa kelas IV B MI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis validitas dan analisis efektivitas atau kefektifan menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Desain dari media yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan dan kondisi di lapangan yang dibuat menggunakan peraga yanbu’a berbantuan canva 2) peraga yanbu’a berbantuan canva dinyatakan "sangat valid" oleh validator ahli; 3) peraga yanbu’a berbantuan canva dinyatakan praktis dengan sedikit revisi secara teori dari ahli, secara praktik oleh respon siswa memperoleh persentase 88% sehingga dinyatakan praktis; 4) Hasil uji efektivitas menyatakan bahwa peraga yanbu’a berbantuan canva efektif dalam meningkatkan minat belajar dan kefasihan membaca Al-Qur’an peserta didik
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama dan Ilmu Pengetahuan | ||||||||||||
Keywords: | Pengembangan peraga yanbu’a berbantuan canva; minat belajar; kefasihan peserta didik; pembelajaran al-Qur’an | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Hasan Badri | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 04:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 04:12 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84450 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |