This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Anisa, Dwi Yanti (2022) Proses berpikir pseudo peserta didik dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Anisa Dwi Yanti_D74217029 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Anisa Dwi Yanti_D74217029 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 September 2028. Download (4MB) |
Abstract
Berpikir pseudo merupakan proses berpikir yang semu karena dihasilkan dari peserta didik yang berpikir spontan, yaitu adanya kemungkinan bahwa peserta didik tidak berpikir dengan benar saat memecahkan masalah yang dihadapi. Setiap peserta didik memiliki gaya kognitif sehingga dapat mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam memahami dan memecahkan masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir pseudo peserta didik dalam memecahkan masalah matematika pada materi Phytagoras ditinjau dari gaya kognitif impulsif dan reflektif. Penelitian ini tergolong pada jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 peserta didik dengan ketentuan 2 peserta didik bergaya kognitif impulsif yang mengalami berpikir pseudo salah dan 2 peserta didik bergaya kognitif reflektif yang mengalami berpikir pseudo benar dari kelas IX-C MTsN Gresik. Penentuan subjek didasarkan pada Matching Familiar Figures Test (MFFT) dilanjutkan dengan pemberian tes tulis uraian Phytagoras dan wawancara. Analisis data tes tulis berdasarkan indikator berpikir pseudo yang telah disusun oleh peneliti dan analisis data wawancara menggunakan tiga tahapan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik bergaya kognitif impulsif yang mengalami berpikir pseudo salah mampu memahami dan menjelaskan masalah secara lisan dengan baik dan lengkap, akan tetapi kurang mampu menjelaskan masalah secara tertulis sehingga cenderung menyebabkan kesalahan dalam jawaban dan membutuhkan waktu yang cepat dalam proses pemecahan masalahnya, (2) Peserta didik bergaya kognitif reflektif yang mengalami berpikir pseudo benar mampu memahami dan menjelaskan masalah secara tertulis dengan baik dan lengkap sehingga cenderung mengalami kebenaran dalam jawabannya, akan tetapi peserta didik kurang mampu menjelaskan masalah secara lisan dan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pemecahan masalahnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Matematika Realistik Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Berpikir pseudo salah dan benar; Materi Phytagoras; Gaya kognitif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Anisa Dwi Yanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 05:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 05:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84478 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |