This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizky, Annisa Nur (2022) Kontribusi kemandirian, motivasi dan fasilitas terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Annisa Nur Rizky_D74217031 OK.pdf Download (12MB) |
![]() |
Text
Annisa Nur Rizky_D74217031 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 September 2028. Download (12MB) |
Abstract
Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika peserta didik, diantaranya kemandirian belajar yang dimiliki peserta didik, motivasi yang dimiliki dan fasilitas belajar yang dimiliki peserta didik. Faktor tersebut dibutuhkan peserta didik pada saat melakukan pembelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi kemandirian, motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik serta untuk mengetahui berapa besar pengaruh kemandirian, motivasi dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Untuk memperkuat penelitian, peneliti melengkapi penelitian ini dengan berbagai teori yang sesuai dengan variabel. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan populasi sebanyak 288 anak dan subjek yang digunakan sebanyak 32 peserta didik kelas VIII di SMPN 1 Baron. Instrumen penelitian yang digunakan merupakan angket yang terdapat 45 butir pertanyaan dengan bentuk pilihan yang menggunakan skala likert dengan 4 pilihan jawaban dan masing-masing jawaban memiliki skor dengan nilai berbeda. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial (analisis asosiasi kausal), dan data hasil belajar. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat analisis dan uji korelasi untuk mengetahui pengaruh dari variabel. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini adalah kemandirian belajar tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil matematika peserta didik dengan nilai sig yaitu 0.267 > 0.05. motivasi belajar memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil matematika peserta didik dengan nilai sig yaitu 0.014 < 0.05, nilai Pearson Correlation motivasi adalah 0.429 maka motivasi berkorelasi sedang. Sedangkan faslitas belajar tidak memiliki kontribusi yang signifikan terhadap hasil matematika peserta didik dengan nilai sig yaitu 0.441 > 0.05.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Mandiri Matematika Pendidikan > Evaluasi Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||||||
Keywords: | kemandirian; Motivasi; Fasilitas; Hasil Belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Annisa Nur Rizky | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |