This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufidah, Faizatul (2023) Pengaruh model pembelajaran master (motivation, acquiring, searching, triggering, exhibiting, reflecting) terhadap hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Faizatul Mufidah_D74216049 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Faizatul Mufidah_D74216049 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 September 2028. Download (2MB) |
Abstract
Rendahnya minat belajar dan motivasi belajar peserta didik yang mengakibatkan ketidakberhasilan proses belajar yang telah dilakukan. Ini juga berakibat dengan hasil belajar yang diperolah. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk menerapkan model pembelajaran (Motivation, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting) terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran MASTER ketika diterapkan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, dan menggunakan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon signed rank test, karena data tidak berdistribusi normal. Jenis penelitian ini adalah Pre experimental designs dengan desain penelitian menggunakan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest desaign. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tulangan. Sampel yang digunakan adalah peserta didik dari kelas VIII-F yang berjumlah 35 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik penguhmpulan data pada penelitan ini menggunakan tes tulis berupa pretest dan posttets. Pretest diberikan untuk mengetahui hasil belajar awal peserta didik sebelum diberikan perlakuan. Sedangkan posttest diberikan untuk mengetahui hasil belajar dari peserta didik setelah diberikan perlakuan. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon signed rank test menunjukkan hasil Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak maka H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran MASTER (Motivation, Acquiring, Searching, Triggering, Exhibiting, Reflecting).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Matematika |
||||||||||||
Keywords: | Model master; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA | ||||||||||||
Depositing User: | Faizatul Mufidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 07:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 07:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |