This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Parasita, Widya Dellia (2022) Strategi komunikasi dakwah penguatan sikap ta'awun komunitas rumah millenial berbagi (RMB) pada masa pandemi covid-19 di trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
This is the latest version of this item.
![]() |
Text
Widya Dellia Parasita_B71218088 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Widya Dellia Parasita_B71218088 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 September 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu terkait strategi yang diterapkan oleh komunitas Rumah Millenial Berbagi dalam upaya penguatan sikap taawun di masa pandemi Covid- 19 serta faktor pendukung dan penghambatnya. Untuk mendeskripsikan kedua persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahap analisis etnografi, yaitu analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah yang diterapkan oleh komunitas Rumah Millenial Berbagi adalah strategi sentimentil, strategi rasional, dan strategi indriawi. Ketiga strategi tersebut diterapkan dalam tiga aktivitas komunitas RMB yaitu aksi sosial yang diberi nama Jumat Berbagi, kumpulan rutin sebagai upaya bonding, dan pemanfaatan media sosial. Selain itu, faktor yang menjadi pendukung kegiatan dakwah adalah karena diterapkannya azas filosofis, terpenuhinya azas kemampuan Da'i, penerapan azas sosiologis, serta azas keefektifan dan efisiensi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tidak terpenuhinya azas psikologis dalam komunitas RMB. Hal itu dikarenakan terdapat beberapa anggota komunitas yang tidak mengedepankan prinsip solidaritas dalam komunitas.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Komunikasi Islam dan Ilmu Pengetahuan Komunikasi Islam Dakwah > Pesan Dakwah Pesan Dakwah Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||
Keywords: | Strategi Dakwah; Taawun; Etnografi; Covid-19 | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Widya Dellia Parasita | ||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2025 10:32 | ||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2025 10:32 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84549 |
Available Versions of this Item
-
Strategi Komunikasi Dakwah Penguatan
Sikap Ta'awun Komunitas Rumah Millenial
Berbagi (RMB) pada Masa Pandemi Covid-19 di
Trenggalek. (deposited UNSPECIFIED)
- Strategi komunikasi dakwah penguatan sikap ta'awun komunitas rumah millenial berbagi (RMB) pada masa pandemi covid-19 di trenggalek. (deposited 25 Sep 2025 10:32) [Currently Displayed]
Actions (login required)
![]() |
View Item |