Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Muhammad Jawahirul (2025) Gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Jawahirul Fikri_06040321087 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 October 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Muhammad Jawahirul Fikri_06040321087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Fokus penelitian ini diarahkan pada tiga lembaga pendidikan tingkat SLTA sederajat, yaitu MA Ma’arif 7, SMK Sunan Drajat, dan MA Mu’allimin Mu’allimat. Tiga teori utama yang menjadi landasan kajian adalah Permendikbud No. 13 Tahun 2018 tentang akreditasi sebagai indikator mutu lembaga pendidikan, Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses pembelajaran sebagai acuan kompetensi, serta teori daya saing dari Michael Porter yang menekankan pentingnya keunggulan kompetitif dalam membangun institusi yang unggul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Peneliti secara langsung terlibat dalam pengumpulan data di lapangan dengan melibatkan kepala sekolah, guru, siswa, wali murid, dan alumni sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan gaya kepemimpinan yang adaptif, partisipatif, dan transformasional dalam upaya meningkatkan keunggulan lembaga. Gaya kepemimpinan tersebut terbukti berpengaruh dalam membentuk citra lembaga, memperkuat hubungan internal maupun eksternal, serta mengoptimalkan potensi guru dan siswa. Faktor-faktor seperti inovasi program, komunikasi efektif, dan akreditasi menjadi poin strategis dalam memperkuat daya saing lembaga pendidikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan yang tepat memiliki peran signifikan dalam mendukung eksistensi dan kemajuan lembaga pendidikan di era kompetitif saat ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Muhammad JawahirulJawahirulfikri493@gmail.com06040321087
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSulanam, Sulanamsulanam@uinsa.ac.id2030117901
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Pendidikan
Kepemimpinan
Keywords: Gaya kepemimpinan; kepala sekolah; lembaga pendidikan; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: FIKRI JAWAHIRUL
Date Deposited: 06 Oct 2025 07:27
Last Modified: 06 Oct 2025 07:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84668

Actions (login required)

View Item View Item