Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan pada usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatus Syubban Kwanyar Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Atussobah, Lu'lu' (2024) Peningkatan kemampuan berbicara anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan pada usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatus Syubban Kwanyar Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lu'lu' Atussobah_06040920054 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2028.

Download (3MB)
[img] Text
Lu'lu' Atussobah_06040920054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Berawal dari banyaknya anak yang masih belum bisa berbicara di depan kelas sehingga permasalahan ini melatar belakangi penelitin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita menggunakan boneka tangan di TK Tarbiyatus Syubban Kwanyar Bangkalan. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelompok B dengan tema pembelajaran “Keluargaku.” Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes lisan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dengan mengambil latar belakang TK Tarbiyatus Syubban Kwanyar, Bangkalan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes lisan untuk mengukur kemampuan berbicara anak secara langsung. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil observasi dan tes pada setiap siklus untuk melihat perkembangan kemampuan berbicara siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Tarbiyatus Syubban Kwanyar Bangkalan dapat dilaksanakan dengan baik. Pada siklus pertama, sebelum diterapkan penelitian ini ada 9 anak yang belum berkembang dengan baik sedangkan 6 anak dari 15 anak sudah dinyatakan berkembang sesuai harapan. Kemudian pada siklus kedua setelah metode ini diterapkan, ada 12 anak dinyatakan berkembang sesuai harapan, sedangkan 3 anak dinyatakan cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Atussobah, Lu'lu'luluk.atussh03@gmail.com06040920054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@gmail.com2006076701
Thesis advisorAziz, Yahyayahya_aziz15@gmail.com2029087203
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan berbicara; bercerita; boneka tangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Lu'lu' Atussobah
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:41
Last Modified: 01 Oct 2025 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84670

Actions (login required)

View Item View Item