This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mahfud, Moh. (2025) Pengembangan desain pembelajaran majelis taklim melalui pendekatan andragogi untuk meningkatkan sikap keberagamaan masyarakat di Madura. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Moh. Mahfud_01050422020 OK.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Moh. Mahfud_01050422020 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 9 October 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat Madura yang meskipun dikenal religius, namun masih menunjukkan rendahnya sikap keberagamaan terutama dalam aspek sosial. Majelis taklim sebagai lembaga pendidikan Islam non formal dinilai belum optimal dalam membentuk sikap keberagamaan masyarakat. Andragogi yang dipopulerkan oleh Malcolm S. Knowles dipilih karena mayoritas peserta majelis taklim adalah orang dewasa yang membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan pengalaman mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran majelis taklim melalui pendekatan andragogi dengan model ADDIE guna meningkatkan sikap keberagamaan masyarakat Madura. Rumusan masalah mencakup langkah-langkah pengembangan desain pembelajaran, hasil pengembangan, validitas dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan Penelitian Pengembangan atau R&D dengan pendekatan Scientific Approach. Subjek penelitian meliputi tiga majelis taklim di Kabupaten Pamekasan, yaitu Nurul Mustofa, Khairun Nisa’, dan Al-Amin yang merupakan representasi dari perbedaan kondisi geografis dan gender. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan tingkat kelayakan desain sebesar 78,5% dengan kategori cukup baik. Hasil uji coba lapangan terhadap 144 peserta di tiga majelis taklim tersebut menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan, dengan peningkatan rata-rata skor sebesar 4,0 dan persentase sebesar 11,00% dengan nilai korelasi 1 < r > -1 dan sangat kuat karena ada pada rentang 0,80 – 1,00. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel dan p-value < 0,05, menunjukkan efektivitas desain secara statistik. Implikasi teoritis dari penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan desain pembelajaran dengan pendekatan andragogi dan model ADDIE yang berorientasi pada kebutuhan, pengalaman, partisipasi aktif, dan kontekstual dapat menghasilkan perubahan signifikan pada peserta didik dalam meningkatkan sikap keberagamaan dalam konteks majelis taklim.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||||||||
Keywords: | Desain Pembelajaran; Majelis Taklim; Pendekatan Andragogi; Sikap Keberagamaan; Model ADDIE | ||||||||||||
Divisions: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Moh. Mahfud | ||||||||||||
Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2025 03:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |