Inovasi program public speaking untuk mengembangkan soft skill peserta didik di PPM 4 bahasa al-Muhibbin Jatirogo Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Puspitasari, Malindo Anggraini (2025) Inovasi program public speaking untuk mengembangkan soft skill peserta didik di PPM 4 bahasa al-Muhibbin Jatirogo Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Malindo Anggraini Puspitasari_06040321079 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 October 2028.

Download (2MB)
[img] Text
Malindo Anggraini Puspitasari_06040321079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan soft skill merupakan aspek penting yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan dunia kerja yang kompetitif. Salah satu soft skill yang esensial adalah keterampilan berbicara di depan umum (public speaking). Namun, kenyataannya masih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide secara lisan dengan percaya diri, jelas, dan terstruktur. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya Pondok Pesantren Modern (PPM) 4 Bahasa Al-Muhibbin Jatirogo Tuban, yang berkomitmen membentuk generasi santri yang unggul baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Sebagai respon terhadap kondisi tersebut, PPM 4 Bahasa Al-Muhibbin melakukan inovasi program pembelajaran public speaking yang dirancang secara sistematis dan kontekstual guna mengembangkan soft skill peserta didik. bentuk inovasi program public speaking yang diterapkan, mengidentifikasi strategi pelaksanaannya, serta menganalisis dampaknya terhadap pengembangan soft skill peserta didik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Inovasi program public speaking di PPM 4 Bahasa Al-Muhibbin meliputi integrasi kegiatan muhadharah, debat ilmiah, presentasi tematik, dan pelatihan retorika berbasis proyek. Strategi pelaksanaannya didukung oleh peran aktif guru, pengelolaan jadwal yang terstruktur, dan evaluasi berkala. Dampak positif dari program ini terlihat pada peningkatan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. inovasi program public speaking terbukti menjadi solusi efektif dalam pengembangan soft skill peserta didik di lingkungan pesantren modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Puspitasari, Malindo Anggrainimelyndoanggraini@gmail.com06040321079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Komunikasi
Manajemen Pendidikan
Minat Siswa
Keywords: Inovasi; public speaking; soft skill; peserta didik
Depositing User: Malindo Anggraini Puspitasari
Date Deposited: 06 Oct 2025 04:13
Last Modified: 06 Oct 2025 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84712

Actions (login required)

View Item View Item