Pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di MI Al-Ikhlash Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zulfaqor, Muhammad (2023) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan sholat dhuha di MI Al-Ikhlash Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zulfaqor_02040821022 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Muhammad Zulfaqor_02040821022Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2028.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam kaijan ini terletak pada karakter dalam diri peserta didik yang terdapat di MI al-Ikhlash Surabaya. Rumusan masalah pada tesis ini terdiri dari: Pertama, bagaimana perencanaan prgram pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter religius terhadap peserta didik di MI al-Ikhlash Surabaya. Kedua, bagaimana pelaksanaan prgram pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter religius terhadap peserta didik di MI al-Ikhlash Surabaya. Ketiga, bagaimana evaluasi prgram pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter religius terhadap peserta didik di MI al-Ikhlash Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomology dengan melibatkan 10 narasumber yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis dengan cara reduksi data dan penyajian data. Sumber data dalam tesis ini terdapat diantaranya sumber primer dari hasil observasi dilapangan dan sumber sekunder dari berbagai referensi seperti jurnal dan lain sebagainnya. Hasil dari penelitian ini diantaranya sebagai berikut. Pertama, perencanaan meliputi diagnosis masalah, perumusan tujuan, waktu, rutinitas, jadwal mengajar guru dan komunikasi dengan wali murid. Kedua, pelaksanaan sholat dhuha dilakukan secara berjama’ah mulai pukul 06.00 sampai 07.00 WIB. Hasil yang didapatkan menuai banyak hal yang sangat baik dalam membentuk karakter religius peserta didik di MI al-Ikhlash Surabaya, bahwasannya sholat dhuha di MI al-Ikhlash membentuk karakter religius dalam diri peserta didik dengan ditunjang hasil penelitian yang telah dilakukan. Ketiga, evaluasi yang dilakukan oleh pihak sekolah dengan cara pengamatan dan lisan saja atau lebih tepatnya jika ditinjau dengan teori yang ada menggunakan model sumatif dan formatif. Akan tetapi yang menjadi saran dalam penelitian ini tidak adanya bentuk tertulis dari evaluasi yang telah dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zulfaqor, Muhammadahmadmuhammadzulfaqor@gmail.com02040821022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Racmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorDyaifuddin, Mokhamadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Adab
Pendidikan Islam
Orang tua dan Anak
Keywords: Sholat Dhuha; Karakter Religius
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MUHAMMAD ZUL ZULFAQOR
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:40
Last Modified: 15 Oct 2025 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84830

Actions (login required)

View Item View Item