Dinamika pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi multisitus di SMPN 6 Tuban dan SMPN 1 Jenu

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Fia Ayu Putri (2025) Dinamika pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi multisitus di SMPN 6 Tuban dan SMPN 1 Jenu. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fia Ayu Putri Agustin_02040823037.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Fia Ayu Putri Agustin_02040823037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 October 2028.

Download (1MB)

Abstract

Adanya stereotipe dalam dunia pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Salah satu sekolah tingkat menengah pertama yang menyelenggarakan pendidikan inklusi adalah SMPN 6 Tuban dan SMPN 1 Jenu. Program Pendidikan Individual dan kelas reguler dimanfaatkan oleh kedua lembaga tersebut untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus, tidak terkecuali dalam mata pelajaran PAI. Program keagamaan di sekolah turut mendukung tercapainya tujuan pendidikan PAI yang diselenggarakan. Latar belakang tersebut menjadi dasar analisis penelitian mengenai kebijakan pendidikan inklusi, penerapan pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI bagi peserta didik berkebutuhan khusus, dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan desain multisitus dan metodologi kualitatif. Informasi dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Miles dan Huberman yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Partisipan penelitian adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendamping khusus, guru mata pelajaran PAI, dan orang tua peserta didik berkebutuhan khusus. Pemastian dalam validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, dan teori. Ojek penelitiannya adalah pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI di SMPN 6 Tuban dan SMPN 1 Jenu. Penelitian ini menggunakan teori John Rawls untuk membedah kebijakan pendidikan inklusi, dan menggunakan teori belajar Lev Vygotsky dalam menganalisis pelaksanaan pembelajaran PAI dalam pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus dan dampaknya di kedua lembaga pendidikan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI di SMPN 6 Tuban dan SMPN 1 Jenu disesuaikan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus dengan mengacu hasil identifikasi dan asesmen. Pendidikan inklusi dalam pembelajaran PAI dilaksanakan melalui kelas reguler, PPI, dan program keagamaan. Sebagian besar guru telah mendapatkan pelatihan terkait pendidikan inklusi, sehingga memungkinkan untuk berkontribusi secara aktif dalam memberikan bantuan dalam pembelajaran. Penelitian ini berargumen bahwa sekolah penyelenggara pendidikan inklusi relevan dengan teori belajar konstruktivisme Lev Vygotsky, meskipun dalam praktiknya masih dijumpai hambatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Fia Ayu Putrifiaayuputriagustin@gmail.com02040823037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, Muhammadmuhammadthohir@uinsby.ac.id2025077406
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Evaluasi
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Anak > Anak Penyandang Cacat
Keywords: Pendidikan inklusi; Pendidikan Agama Islam; anak berkebutuhan khusus
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fia Ayu Putri Agustin
Date Deposited: 16 Oct 2025 06:46
Last Modified: 16 Oct 2025 06:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84871

Actions (login required)

View Item View Item