This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Alamsyah, Alfian Gymnastiar (2025) Strategi komunikasi pemasaran aplikasi Customer Information System (CIS) PDAM Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Alfian Gymnastiar Alamsyah_04020521046 OK.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Alfian Gymnastiar Alamsyah_04020521046 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 20 October 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan implementasi PDAM Surya Sembada dalam mempromosikan aplikasi CIS PDAM Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori yang menjadi landasan penelitian adalah teori Difusi Inovasi. Data yang telah didapat akan diuji validitasnya dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi komunikasi pada promosi aplikasi CIS yang dilakukan oleh PDAM Surabaya berfokus pada sinergi dari kegiatan promosi offline dan online melalui konten di media sosial, dokumentasi dari promosi offline sebagai bahan konten, berencana menggandeng influencer, membuat event sendiri, serta mengadakan program undian untuk pengguna aktif. 2) Implementasi strategi komunikasi pemasaran dalam upaya promosi aplikasi CIS PDAM dilakukan di media sosial PDAM Surya Sembada dan Pemerintah Kota Surabaya, pembukaan stan di beberapa pusat perbelanjaan modern, serta pemberian sembako untuk pelanggan yang mengunduh aplikasi sekaligus melakukan pembayaran di stan promosi, serta kegiatan promosi melalui acara-acara publik yang berkolaborasi dengan pihak ke tiga, seperti acara car free day dan running bareng.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||
| Contributors: |
|
||||||||
| Subjects: | Ilmu Komunikasi Komunikasi |
||||||||
| Keywords: | Komunikasi Pemasaran; Promosi Produk; Aplikasi Digital; Difusi Inovasi | ||||||||
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi | ||||||||
| Depositing User: | Alfian Gymnastiar Alamsyah | ||||||||
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 08:46 | ||||||||
| Last Modified: | 20 Oct 2025 08:46 | ||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
