Strategi komunikasi pemasaran aplikasi Customer Information System (CIS) PDAM Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alamsyah, Alfian Gymnastiar (2025) Strategi komunikasi pemasaran aplikasi Customer Information System (CIS) PDAM Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Gymnastiar Alamsyah_04020521046 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alfian Gymnastiar Alamsyah_04020521046 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dan implementasi PDAM Surya Sembada dalam mempromosikan aplikasi CIS PDAM Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teori yang menjadi landasan penelitian adalah teori Difusi Inovasi. Data yang telah didapat akan diuji validitasnya dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi komunikasi pada promosi aplikasi CIS yang dilakukan oleh PDAM Surabaya berfokus pada sinergi dari kegiatan promosi offline dan online melalui konten di media sosial, dokumentasi dari promosi offline sebagai bahan konten, berencana menggandeng influencer, membuat event sendiri, serta mengadakan program undian untuk pengguna aktif. 2) Implementasi strategi komunikasi pemasaran dalam upaya promosi aplikasi CIS PDAM dilakukan di media sosial PDAM Surya Sembada dan Pemerintah Kota Surabaya, pembukaan stan di beberapa pusat perbelanjaan modern, serta pemberian sembako untuk pelanggan yang mengunduh aplikasi sekaligus melakukan pembayaran di stan promosi, serta kegiatan promosi melalui acara-acara publik yang berkolaborasi dengan pihak ke tiga, seperti acara car free day dan running bareng.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alamsyah, Alfian Gymnastiaralfian9ym@gmail.com04020521046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdi, Nur Romdlon Maslahulromdlon.adi@gmail.com2009039302
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran; Promosi Produk; Aplikasi Digital; Difusi Inovasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alfian Gymnastiar Alamsyah
Date Deposited: 20 Oct 2025 08:46
Last Modified: 20 Oct 2025 08:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84905

Actions (login required)

View Item View Item