Penerapan model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas VIII di MTSN Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Muhammad Hikam (2025) Penerapan model Flipped Classroom berbantuan video pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan Literasi Numerasi siswa kelas VIII di MTSN Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hikam Maulana_06010421018 OK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Muhammad Hikam Maulana_06010421018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 November 2028.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sintaks pembelajaran, aktivitas yang dilakukan oleh siswa, dan respons siswa terhadap proses pembelajaran, serta untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dan partisipasi aktif siswa selama pembelajaran. Laju perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini, hal tersebut mendorong pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, termasuk untuk mengatasi rendahnya kemampuan literasi numerasi. Hasil PISA 2022 menempatkan Indonesia di peringkat 68 dari 81 negara dengan skor 379, dan hasil TIMSS 2015 mencatat skor 395, di bawah rata-rata 500. Salah satu penyebabnya adalah sistem pengajaran yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini menawarkan model flipped classroom berbantuan video, di mana siswa belajar mandiri sebelum kelas. Model ini ditujukan agar menambah partisipasi aktif serta kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dan bertempat di MTsN Gresik. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan desain Pre-Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, pemberian angket, dan pelaksanaan tes. Kemudian data diolah menggunakan uji statistik, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Temuan penelitian menyatakan bahwa: 1) Keterlaksaan sintaks selama pembelajaran dengan model flipped classroom tergolong pada golongan baik sekali dengan nilai keterlaksanaan sintaknya mencapai 91,7. 2) Aktivitas yang ditunjukkan siswa dalam penerapan model flipped classroom diklasifikasikan kategori sangat baik dengan hasil nilai aktivitas siswa 87,5 dari observer 1 dan 89 dari observer 2. Sehingga jika dirata-ratakan hasilnya 88,25 dengan kategori baik sekali 3) Respons siswa selama penerapan model flipped classroom tergolong sangat baik dengan nilai respons 82,04. 4) Kemampuan literasi siswa meningkat dengan skor N-Gain sebesar 0,83 tergolong tinggi, dengan 18 anak mendapatkan perkembangan pada golongan tinggi dan 10 anak dengan perkembangan yang sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Muhammad Hikamhikammaulana214@gmail.com06010421018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunahsetyawati@uinsa.ac.id2004117403
Thesis advisorYudi, Usmanusmanyudiwildan@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran; Kemampuan Literasi Numerasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Hikam Maulana
Date Deposited: 11 Nov 2025 03:47
Last Modified: 11 Nov 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85061

Actions (login required)

View Item View Item