تعليم اللغة العربية في التربية الدينية الرسمية في المرحلة الوسطى (دراسة مقارنة بين معهد الفطرة سورابايا ومعهد رياض القرآن موجوكرطا)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Bustanil Ilmi (2025) تعليم اللغة العربية في التربية الدينية الرسمية في المرحلة الوسطى (دراسة مقارنة بين معهد الفطرة سورابايا ومعهد رياض القرآن موجوكرطا). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bustanil Ilmi Agustin_02040923004.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Bustanil Ilmi Agustin_02040923004_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 November 2028.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dalam Pendidikan Diniyah Formal (PDF) jenjang Wustha. Fokus kajian diarahkan pada dua lembaga, yaitu PDF Wustha Al-Fithrah Surabaya dan PDF Wustha Riyadlul Qur’an Mojokerto. Aspek yang diteliti mencakup perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus komparatif. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai praktik pembelajaran bahasa Arab di masing-masing lembaga, sekaligus membandingkan karakteristik, strategi, dan kendala yang dihadapi dalam kedua lembaga tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk meningkatkan validitas, peneliti menerapkan teknik triangulasi sumber, metode, dan waktu. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman serta didukung oleh perangkat lunak NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDF Wustha Al-Fithrah memiliki keunggulan dalam aspek perencanaan yang lebih terstruktur, variasi metode pembelajaran, dan penerapan evaluasi formatif. Sementara itu, PDF Wustha Riyadlul Qur’an menonjol dalam penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa keseharian santri serta integrasi teknologi dalam proses evaluasi. Keduanya didukung oleh motivasi intrinsik siswa dan lingkungan sosial yang positif, namun tetap menghadapi tantangan seperti keterbatasan kosakata dan rendahnya minat belajar pada sebagian siswa. Penelitian ini merekomendasikan penguatan lingkungan belajar interaktif, penyusunan perencanaan yang lebih seragam, diversifikasi metode pembelajaran, bimbingan individual bagi siswa yang mengalami kesulitan, serta penyediaan media pembelajaran yang lebih modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Bustanil Ilmibustanililmi08@gmail.com02040923004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaedijunaedi@ubd.ac.id2024126502
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@uinsa.ac.id2007017001
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Bahasa Arab; pendidikan diniyah formal
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Bustanil Ilmi Agustin
Date Deposited: 19 Nov 2025 01:48
Last Modified: 19 Nov 2025 01:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85073

Actions (login required)

View Item View Item