Implementasi pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam modul projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDN Jombatan 3 Jombang dan SDN Jombatan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Akbar, Mohammad Auliya Rizqy (2025) Implementasi pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam modul projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di SDN Jombatan 3 Jombang dan SDN Jombatan Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Auliya Rizqy Akbar_02040823042.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Mohammad Auliya Rizqy Akbar_02040823042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 December 2028.

Download (4MB)

Abstract

Profil Pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan ekstrakurikuler. Profil Pelajar Pancasila didasari oleh pendidik dan praktisi pendidikan yang mulai menyadari pentingnya peserta didik untuk memperlajari hal-hal di luar kelas agar peserta didik menyadari adanya hubungan materi pembelajaran yang telah dipelajari dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menghadirkan keunikan yang tajam dengan menyajikan analisis perbandingan intra-wilayah dalam desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Meskipun objek penelitian berada dalam satu kawasan yang sama yakni SDN Jombatan 3 Jombang dan SDN Jombatan Jombang, penelitian ini justru menggali perbedaan mendasar yang muncul dari dalam, mulai dari kreativitas pedagogis guru, penafsiran nilai-nilai Pancasila dalam konteks religius, hingga dinamika budaya sekolah yang mempengaruhi desain pembelajaran. Fokus semacam ini jarang disentuh dalam kajian serupa, yang umunya hanya memotret implementasi kurikulum secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi P5 dalam pembelajaran PAI di SDN Jombatan 3 Jombang dan SDN Jombatan Jombang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan juga status sekolah masing masing Sebagian besar guru telah mendapatkan pelatihan terkait P5, sehingga memungkinkan untuk berkontribusi secara aktif dalam penerapan dalam pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Akbar, Mohammad Auliya Rizqyrizqyakbar637@gmail.com02040823042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMudlofir, Alimudlofir_ali@yahoo.com2016116301
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Profil pelajar Pancasila; pendidikan agama Islam dan budi pekerti
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Auliya Rizqy Akbar
Date Deposited: 01 Dec 2025 05:11
Last Modified: 01 Dec 2025 05:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85084

Actions (login required)

View Item View Item