Pengembangan media pembelajaran berbantuan wordpress.org berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi finansial siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yahya, Ilham Nur (2025) Pengembangan media pembelajaran berbantuan wordpress.org berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi finansial siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilham Nur Yahya_06040420057.pdf

Download (11MB)
[img] Text
Ilham Nur Yahya_06040420057_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 December 2028.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbantuan WordPress.org berbasis Problem Based Learning agar menjadi media yang pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi finansal siswa. Isi konten pada media pembelajaran ini mengacu pada indikator literasi finansial PISA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Penelitian ini diterapkan kepada 12 siswa kelas VIII-D di MTs Al Azhar Menganti Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, angket, dan tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan pendekatan statistik deskriptif untuk data angket kevalidan, kepraktisan, respons siswa, dan N-Gain, serta pendekatan statistik inferensial untuk menganalisis hasil pretest dan posttest siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Pada tahap analisis diperoleh data bahwa MTs Al-Azhar Menganti Gresik menggunakan Kurikulum Merdeka. Media pembelajaran yang digunakan berfokus pada buku teks sebagai sumber utama pembelajaran, dan ditemukan beberapa permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, antara lain rendahnya tingkat kepercayaan diri siswa serta kurang berkembangnya kemampuan belajar mandiri siswa. Tahap perancangan, peneliti merancang flowchart dan media pembelajaran berbantuan WordPress.org. Tahap pengembangan, peneliti mulai mengembangkan media pembelajaran, melakukan proses validasi, dan merevisi berdasarkan saran para validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan pembelajaran yang telah dikembangkan serta mengambil data pretest-posttest. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan media pembelajaran berbantuan WordPress.org berbasis Problem Based Learning dalam meningkatkan literasi finansial siswa . (2) Media pembelajaran berbantuan WordPress.org dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,78. (3) Pada uji kepaktisan, media pembelajaran berbantuan WordPress.org memperoleh skor 97,33. (4) Media pembelajaran berbantuan WordPress.org dinyatakan “efektif” dalam meningkatkan literasi finansial siswa dengan perolehan nilai signifikansi 0,002 dan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,5584 yang termasuk kategori peningkatan sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yahya, Ilham Nuryahyailham444@gmail.com06040420057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Subjects: Matematika
Matematika
Keywords: Media pembelajaran; WordPress.org; literasi finansial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ilham Nur Yahya
Date Deposited: 03 Dec 2025 02:19
Last Modified: 03 Dec 2025 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85233

Actions (login required)

View Item View Item