This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rosidah, Ayu Mazidatur (2025) Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Ayu Mazidatur Rosidah_06020121038.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Ayu Mazidatur Rosidah_06020121038_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 December 2028. Download (1MB) |
Abstract
Internalisasi nilai-nilai moderasi beragama bertujuan untuk membentuk individualitas dan kepribadian peserta didik yang memiliki cara atau pola berpikir yang moderat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses internalisasi yang terdiri dari tahap transformasi, transaksi dan transinternalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMP Negeri 2 Waru Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari wawancara, observasi serta dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti. Teknik analisis data menggunakan 3 tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi yang dikemukakan oleh Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai moderasi beragama pada peserta didik di SMP Negeri 2 Waru menggunakan 4 indikator yaitu nilai komitmen kebangsaan, toleransi,anti kekerasan dan akomodatif terhadap budaya lokal. pada transformasi nilai komitmen kebangsaan melalui metode ceramah dan pemotivasian. Nilai toleransi tersampaikan pada nasehat pendidik dan tersampaikan melalui sosialisasi. Sedangkan nilai anti kekerasan melalui sosialisasi anti bullying dan keteladanan pendidik. Akomodatif terhadap budaya lokal tersampaikan melalui kegiatan P5. Adapun pada tahap transaksi nilai komitmen kebangsaan pada kegiatan upacara bendera. Pada kegiatan diskusi kelas tercermin nilai toleransi. Sedangkan nilai anti kekerasan terdapat dalam kegiatan 3S (senyum, salim, sapa). Dalam kegiatan p5 juga mejadi sarana transaksi nilai akomodatif terhadap budaya lokal. Kemudian di tahap transinternalisasi nilai komitemn kebangsaan dalam upacara bendera, nilai toleransi melalui pembinaan sikap menghargai perbedaan. Sedangkan nilai anti kekerasan melalui penegakan kedisiplinan tanpa hukuman fisik. Dan pada kegiatan megengan dan halal bi halal tercermin nilai akomodatif terhadap budaya lokal.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Creators: |
|
||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Subjects: | Pendidikan > Ekstrakurikuler Nasionalisme Tradisi Islam |
||||||||||||
| Keywords: | Internalisasi; moderasi beragama; peserta didik; SMP Negeri 2 Waru | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
| Depositing User: | Ayu Mazidatur Rosidah | ||||||||||||
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:26 | ||||||||||||
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:26 | ||||||||||||
| URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85278 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
