Integrasi kajian tafsir al-qur’an konvensional dan tafsir al-qur’an audiovisual: studi di YPPPI Nurul Hidayah Al-Falah Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laila, Alviga Nur (2025) Integrasi kajian tafsir al-qur’an konvensional dan tafsir al-qur’an audiovisual: studi di YPPPI Nurul Hidayah Al-Falah Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alviga Nur Laila_07010321002 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Alviga Nur Laila_07010321002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 December 2028.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital meniscayakan transformasi metodologi kajian tafsir Al-Qur'an yang tetap mempertahankan substansi keilmuan klasik. Penelitian ini menganalisis implementasi integrasi kajian tafsir Al-Qur’an konvensional dengan teknologi audiovisual di YPPPI Nurul Hidayah Mojokerto. Fokus kajian meliputi, bagaimana implementasi integrasi kajian tafsir Al-Qur'an konvensional dan audiovisual di YPPPI Nurul Hidayah Mojokerto dan faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat integrasi kajian tafsir tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan kyai, ustad, dan santri, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif-interpretatif dengan kerangka teori kognitivisme Jerome Bruner yang mengintegrasikan tahap enaktif, ikonik, dan simbolik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kajian tafsir berhasil mengkonstruksi model kajian tafsir yang sinergis. Tahap enaktif melalui model konvensional mempertahankan kedalaman transmisi keilmuan dan otoritas sanad melalui interaksi langsung ustad-santri. Tahap ikonik melalui media audiovisual efektif mengkontekstualisasikan ayat-ayat Al-Qur'an dan meningkatkan daya serap pemahaman santri terhadap materi yang bersifat naratif dan historis. Tahap simbolik berfungsi menjembatani pemahaman konkret menuju abstraksi konseptual dan aplikasi kontemporer. Faktor pendukung meliputi dukungan kyai dan manajemen pesantren, antusiasme dan adaptabilitas santri, kompetensi dan kesiapan ustad, ketersediaan infrastruktur memadai, dan dukungan wali santri. Faktor penghambat diantaranya dari kalangan yang berpegang pada tradisi klasik, keterbatasan sumber daya manusia, keterbatasan anggaran operasional, dan keseimbangan manajemen teknologi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laila, Alviga Nuralviganurlaila@gmail.com07010321002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKamil, Ahmad Zaidanilahmad.zaidanil@uinsa.ac.id2030069403
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Integrasi; Kajian tafsir; Media Audiovisual; Pesantren; Tafsir AlQur'an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Alviga Nur Laila
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:04
Last Modified: 22 Dec 2025 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85471

Actions (login required)

View Item View Item