This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cintami, Cintami (2010) Meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui media pembelajaran Dakon pada anak Tunagrahita. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover Cintami_B07206017.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (641kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (573kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah masalah prestasi belajar pada anak tunagrahita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana meningkatkan prestasi belajar matematika melalui media pembelajaran dakon pada anak tunagrahita. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDLB/C AKW II Surabaya yang berjumlah 15 orang. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental, jenis desain penelitian one group pretest posttest design.
Instrumen pengumpul data melalui observasi, check list, dan dokumentasi. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji Tanda (sign test) pada program statistic package for social science (SPSS) versi 11,5 for windows.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah menggunakan media pembelajaran dakon yaitu 1,27 2,47 menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis uji Tanda (sign test) pada kolom Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,008, atau siginifikansi 0,05 (0,008 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran dakon dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita. Jadi dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran dakon dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita. Yaitu siswa menjadi lebih bersemangat dalam belajar, tidak merasa bosan, dan juga dapat membantu perkembangan aspek kognitifnya, sehingga siswa menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan tugas matematikanya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Prestasi Belajar |
||||||||
Keywords: | Prestasi belajar; media pembelajaran Dakon; anak Tunagrahita | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2022 07:05 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8606 |
Actions (login required)
View Item |