PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI METODE KUMON DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI METODE KUMON PADA SISWA KELAS VII SMPALHIKMAH SURABAYA TAHUN AJARAN 2009- 2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Taufiq, Muhammad (2010) PERBEDAAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI METODE KUMON DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI METODE KUMON PADA SISWA KELAS VII SMPALHIKMAH SURABAYA TAHUN AJARAN 2009- 2010. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kemandirian Belajar Antara Siswa Kelas VII SMP Al-Hikmah Surabaya Yang Mengikuti Metode Kumon Dengan Siswa Yang Tidak Mengikuti Metode Kumon Tahun Ajaran 2009 - 2010.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Uji beda yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya Perbedaan Kemandirian Belajar Antara Siswa Kelas VII SMP Al-Hikmah Surabaya Yang Mengikuti Metode Kumon Dengan Siswa Yang Tidak Mengikuti Metode Kumon.
Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik random sampling, karena subyeknya terlalu banyak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa yang mengikuti metode kumon dan 30 siswa yang tidak mengikuti
metode kumon. Sehubungan dengan subyek yang mengikuti metode kumon hanya 20 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah kemandirian belajar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi yaitu skala
kemandirian belajar. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik uji-t dua sample berpasangan.
Hasil dari analisis data menggunakan analisis Independent-samples T-Test diperoleh hasil tidak adanya Perbedaan Kemandirian Belajar Antara Siswa Yang Mengikuti Metode Kumon Dengan Siswa Yang Tidak Mengikuti Metode Kumon
Siswa. Hal ini dapat dilihat dari besarnya signifikansi 0,333 0.05, maka Ho diterima dan berarti Ha ditolak. Artinya tidak ada perbedaan yang signifikan kemandirian belajar antara siswa kelas VII SMP Al-Hikmah Surabaya yang
mengikuti metode kumon dengan siswa yang tidak mengikuti metode kumon pada Tahun Ajaran 2009-2010. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang
mengikuti metode kumon dengan siswa yang tidak mengikuti metode kumon.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan kesimpulan di atas maka peneliti ajukan saran-saran sebagai berikut : Bagi siswa yang mengikuti kumon dan siswa yang tidak kumon disarankan untuk dapat mewujudkan tujuan yang ingin dicapai supaya memiliki semangat untuk belajar dan membangun kekuatan menghadapi masalah yang nantinya dibutuhkan untuk kehidupan kelak. Bagi guru dan pihak sekolah hendaknya dapat membantu siswa dalam membentuk,
membangun dan menumbuhkan siswa dalam kemandirian belajar yang positif.
Bagi orang tua mampu menjalankan fungsi dengan sebaik-baiknya melalui pemberian perhatian, motivasi, kasih sayang dan memberikan pengawasan terhadap anak dalam mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya
secara positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Taufiq, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi
Keywords: Kemandirian Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8625

Actions (login required)

View Item View Item