PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Engarsari, Ranti (2010) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daftar Isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Taman Sidoarjo, sebanyak 33 siswa yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen 17 siswa dan kelompok kontrol 16 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimen, jenis desain eksperimen kuasi (quasi experiment) serta menggunakan pendekatan Non-Randomized Pretest-Posttest Control Group Design.
Instrumen pengumpul data melalui observasi dan angket. Sehingga hasil data dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t sampel berpasangan (Paired-Sample T-test) pada program SPSS 10.0 for windows.
Pengolahan data angket dilakukan dengan pretest dan posttest, dimana dari 33 siswa, diantaranya sebanyak 17 siswa yang termasuk kelompok eksperimen terdapat enam siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, sehingga enam siswa tersebut diberikan dua kali treatment (bimbingan kelompok) yaitu treatment I dan treatment II. Kemudian data tersebut dianalisis dengan uji-t sehingga diperoleh makna yang mendalam tentang pengaruh antara sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa tersebut.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t sampel berpasangan (Paired-Samples T-test) diketahui antara besarnya t hitung adalah -2,665 dengan signifikansi sebesar 0,012. Pengujian ini menggunakan level of signifikan 5% dengan df = 32, dengan demikian diperoleh besarnya nilai t tabel adalah 1,697. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima berarti ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII. Dan dari pengujian Uji-t sampel berpasangan (paired-samples t-test) dengan semua aitem yang valid maka dapat diketahui besarnya t hitung adalah -1,714 dengan signifikansi sebesar 0,096. Pengujian ini menggunakan level of signifikan 5% dengan df = 32 dengan demikian diperoleh besarnya nilai t tabel adalah 1,697. Berdasarkan kriteria pengujian terlihat bahwa besarnya t hitung = 1,714 t tabel = 1,697. Dengan demikian juga dapat disimpulkan bahwa hipotesis juga diterima berarti ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII.
Bagi peneliti selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal diharuskan meningkatkan kualitas dan kuantitas dengan memperhatikan variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa misalnya tingkat intelegensi dan lain-lain, disarankan juga untuk lebih mengembangkan motivasi belajar dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Engarsari, RantiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Psikologi
Keywords: Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8636

Actions (login required)

View Item View Item