PENERAPAN STRATEGI CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN RUNGKUT SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummariyah, Ummariyah (2014) PENERAPAN STRATEGI CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN RUNGKUT SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

Dalam tesis ini, penulis membahas tentang “Penerapan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN Rungkut Surabaya” dengan fokus penelitian pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi SKI dan mengetahui pelaksanaan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap pelajaran SKI serta mengetahui hasil/output penggunaan CTL (Contextual Teaching and Learning) dan penerapannya dlam kehidupan sehari-hari.

Ditinjau dari tujuan sifatnya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,yaitu fenomena yang berpijak pada prosedur-prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lesan dari orang-orang dan perilaku secara holistik (utuh). Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan metode wawancara (interview), observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dalam tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), verifikasi/simpulan data (conclusion drawing/verivication). Sebagaimana layaknya penelitian kualitatif, analisa data dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan bersamaan dengan pengumpulan data di lapangan.

Dari hasil penelitian dan pengamatan peneliti, desain pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) yang diterapkan di MTsN Rungkut Surabaya adalah menganut prinsip-prinsip yang ada pada pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), meskipun masih memerlukan pembenahan dan perbaikan kedepannya. Sedangkan pelaksanaan CTL (Contextual Teaching and Learning) sudah berjalan dengan baik. RPP dan perangkat pembelajaran yang lain sebagai pedoman dalam proses pembelajaran telah berdasarkan prinsip-prinsip dan komponen-komponen CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil/output penggunaan strategi CTL (Contextual Teaching and Learning) sudah sangat baik untuk mendukung kemajuan proses pembelajaran. Hal ini bisa dilihat dari membaiknya prestasi yang dicapai oleh peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Husain Aziz
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummariyah, UmmariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: CTL; SKI; Contextual Teaching and Learning;
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 02:22
Last Modified: 17 Feb 2015 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item View Item