DINAMIKA PENGGUNAAN METODE BACA TULIS AL-QUR'AN DI LEMBAGA KURSUS AL-QUR'AN AL-FALAH SURABAYA (1984 - 2015 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Kinanjar (2016) DINAMIKA PENGGUNAAN METODE BACA TULIS AL-QUR'AN DI LEMBAGA KURSUS AL-QUR'AN AL-FALAH SURABAYA (1984 - 2015 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstraks.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (755kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (436kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Dinamika Penggunaan Metode Baca Tulis Al-Qur’an di Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah Surabaya (1984 - 2015 M)”. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana sejarah perkembangan Lembaga Kursus Al-Qur’an di Masjid Al-Falah Surabaya? dan (2) bagaimana dinamika penggunaan metode baca tulis al-Qur’an di Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah Surabaya (1984 - 2015 M)? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yang meliputi beberapa langkah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa masa lampau. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori change and continuity yang dikemukakan oleh Oswald Spengler. Menurutnya, sejarah merupakan akumulasi kebudayaan manusia yang berkembang melalui tahapan tumbuh, berkembang dan hancur. Penelitian ini juga menggunakan teori siklus.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan (1) Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah (LKF) adalah sebuah lembaga non-formal yang bergerak di bidang pendidikan agama, khususnya al-Qur’an. Berdiri sejak tahun 1978 M, dengan sistem pembelajaran tradisional, kemudian pada tahun 1984 M, Lembaga Kursus Al-Qur’an Al-Falah dikelola secara profesional. Perkembangannya meliputi beberapa aspek, yaitu struktur organisasi, program kursus, jumlah ustadh dan santri. (2) Dinamika penggunaan metode baca tulis al-Qur’an yang terjadi di LKF mengalami tiga kali pergantian metode baca tulis al-Qur’an, antara lain: metode Al-Barqy (1984 – 1991), metode Iqra’ (1992 – 2014) dan metode Al-Falah (2015 sampai penelitian ini berlangsung). Pergantian tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yakni faktor sosial masyarakat, faktor kedekatan antar lembaga dan faktor tuntutan lembaga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Kinanjaranjarput@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Baca tulis; al qur'an; lembaga kursus; sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Saputra Kinanjar
Date Deposited: 18 Aug 2016 02:21
Last Modified: 18 Aug 2016 02:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item