EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB AISYIYAH KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmawati, Ana (2011) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SLB AISYIYAH KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian Sidoarjo, melalui pendekatan realistik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 2/C SLB Aisyiyah Krian Sidoaro, yang berjumlah 7 siswa. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimental dan jenis desain penelitiannya adalah one group pretest posttest desaign.
Instrument pengumpulan data melalui observasi, check list dan dokumentasi sehingga hasil data dianalisis dengan mengunakan analisis uji peringkat bertanda Wilcoxon (Wilcoxon signed rank test).
Hasil penelitian ini adalah nilai rata-rata sebelum lebih kecil dari nilai rata-rata sesudah diberikan pendekatan realistik, yaitu 4,14 7,71 menyatakan adanya perubahan yang signifikan pada prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita. Berdasarkan pada kolom Asymp Sig (2 tailed) sebesar 0,008 atau signifikansi 0,05 (0,008 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada perbedaan prestasi belajar matematika antara sebelum dan sesudah diberikan pendekatan realistik pada anak tunagrahita di SLB Aisyiyah Krian sidoarjo. Jadi dapt disimpulkan bahwa pendekatan realistik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada anak tunagrahita di SLB Krian Sidoarjo terbukti siswa lebih bersemangat, lebih dapat memahami karena siswa mendapatkan contoh yang lebih konkrit dan nyata

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Hamim Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmawati, AnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Matematika Realistik
Tenaga Kerja
Keywords: Pendekatan Realistik; Prestasi Belajar Matematika; Anak Tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2011
Last Modified: 09 Apr 2015 09:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item View Item