Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah Polya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainiyah, Nanik (2011) Analisis kesalahan siswa Kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman Sidoarjo dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah Polya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan penting baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Namun matematika bukanlah mata pelajaran yang mudah bagi sebagian besar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang merasa kebingungan dan kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita terkait sistem persamaan linear dua variabel. Ada beberapa langkah dalam menyelesaikan masalah sehari - hari khususnya soal cerita, salah satunya adalah langkah penyelesaian masalah menurut Polya, yang meliputi langkah pemahaman, perencanaan strategi, penyelesaian rencana/ strategi dan langkah pengecekan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari langkah penyelesaian masalah polya. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs Darussalam Sidodadi Taman dengan menggunakan metode tes dan wawancara. Subyek yang diwawancarai sebanyak 6 siswa yang diambil dari siswa yang paling banyak melakukan kesalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan (1) Kesalahan yang dilakukan pada langkah pemahaman sebanyak 23,08%, perencanaan strategi sebanyak 36,15%, penyelesaian strategi sebanyak 21,54%, pengecekan kembali sebanyak 19,77% (2) Penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel adalah kebiasaan siswa tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan untuk menyingkat waktu, adanya anggapan bahwa hasil akhir dari perhitungan yang diperoleh merupakan penyelesaian dari soal, tidak terbiasa menuliskan kesimpulan, lupa, salah tulis, terburu- buru, tidak faham maksud soal dan merasa asing dengan soal yang diberikan, tidak dapat menerjemahkan soal kedalam model matematika meskipun sebenarnya faham penyelesaian suatu SPLDV, kurangnya sifat positif terhadap soal cerita (kurang suka).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainiyah, Nanik--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: analisis kesalahan; Soal cerita; Sistem Persamaan linear; Dua variabel; Polya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 02 Oct 2018 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9334

Actions (login required)

View Item View Item