Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematika di Kelas VII SMP Itaba Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruchah, Khoirum (2011) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah Matematika di Kelas VII SMP Itaba Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Perkembangan IPTEK yang melaju begitu cepat di era globalisasi ini menuntut SDM yang berkualitas. Manusia yang berkualitas adalah manusia yang mampu berpikir kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi dengan berbagai solusi. Dengan begitu perkembangan IPTEK yang ada dapat dikuasai, dimanfaatkan dan dikembangkan menjadi lebih baik. Adapun usaha yang dilakukan pemerintah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yaitu melakukan pembinaan terhadap SDM dengan cara meningkatkan kualitas pembelajaran di setiap jenjang pendidikan. Salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif adalah model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab:
bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran model PBL, bagaimana aktivitas siswa pada proses pembelajaran model PBL, bagaimana kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model PBL, serta adakah engaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP ITABA Gedangan Sidoarjo. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dilakukan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian One-Group Pre-test and Post-test Design, subyek berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi untuk mendapatkan data tentang kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung serta metode tes dengan TBK digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tergolong aktif dengan rata-rata nilai diatas 3,00 karena telah melakukan pengelolaan pembelajaran dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model PBL. Aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar model PBL tergolong aktif dengan prosentase siswa yang aktif sebesar 71,871 % dan
prosentase siswa pasif 28,125% serta ada pengaruh model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika di kelas VII SMP ITABA Gedangan Sidoarjo berdasarkan hitungan = 13,09 lebih besar dari dengan taraf signifikan 5% yaitu 1,699 yang berarti kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah pembelajaran lebih baik daripada sebelum pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruchah, Khoirum--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Keywords: Model Problem Based Learning (PBL); Kemampuan Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 02 Oct 2018 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item