Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada sub pokok bahasan Aljabar Kelas VIII A MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khomariyah, Eka Nurul (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada sub pokok bahasan Aljabar Kelas VIII A MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan dalam pembelajaran matematika mendapat perhatian khusus dari pakar pendidikan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang dapat merangsang siswa untuk aktif belajar serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka. Sehingga siswa tidak hanya menguasai sejumlah materi pelajaran, tetapi mereka berperan mengembangkan gagasan dan ide-ide berdasar pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang tepat akan memperlancar proses pembelajaran dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang diajarkan. Alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika, salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir pada sub pokok bahasan aljabar di kelas VIIIA MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D (Four D Model) yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang dimodifikasi terdiri dari empat tahap. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun pengembangan perangkat dalam penelitian ini dibatasi hingga tahap pengembangan saja. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Uji coba dilakukan pada 42 siswa kelas VIIIA MTs Islamiyah Tulungagung Bojonegoro. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data sebagai berikut : kevalidan RPP berkategori sangat valid (4,28), kevalidan buku siswa berkategori sangat valid (4,44), kevalidan LKS berkategori valid (3,82), masing-masing perangkat pembelajaran dinilai praktis oleh para ahli, aktivitas siswa dapat dikatakan efektif (seluruh aspek telah memenuhi kriteria waktu ideal), keterlaksanaan sintaks pembelajaran memenuhi kriteria efektif (96% terlaksana dengan nilai 3,62), respon siswa memenuhi kriteria efektif (70% atau lebih siswa merespon dalam kategori positif, dan hasil belajar siswa memenuhi batas ketuntasan secara individual dan klasikal (90%).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khomariyah, Eka Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran kooperatif; STAD; peningkatan kemampuan berpikir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 19 Dec 2011
Last Modified: 24 Jul 2018 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9363

Actions (login required)

View Item View Item