Implementasi pendidikan Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang baik: studi kasus di MAN Mejayan Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Siti Maria (2011) Implementasi pendidikan Aqidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang baik: studi kasus di MAN Mejayan Madiun. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Implementasi Pendidikan Aqidah-Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa yang Baik (Studi Kasus di MAN Mejayan Madiun) ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana Pendidikan Aqidah-Akhlak di MAN Mejayan Madiun, karakter siswa di MAN Mejayan Madiun dan adakah hubungan implementasi Pendidikan Aqidah-Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang baik di MAN Mejayan Madiun?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus product moment agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Pendidikan Aqidah-Akhlak di MAN Mejayan Madiun dalam prosesnya pelaksanaannya tergolong baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan prosentase adalah 76%-100%. Dapat diketahui bahwa siswa MAN Mejayan Madiun mengalami peningkatan dalam pembentukan karakter siswa yang baik secara baik. Berdasarkan dari hasil perhitungan angket yang sudah dimasukkan kedalam rumus prosentase pada peritem pertanyaan tentang membentuk karakter siswa yang baik yaitu berada antara 76%-100% dengan kriteria tergolong baik. Dari hasil analisa data telah diketahui bahwa adanya implementasi Pendidikan Aqidah-Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang baik di MAN Mejayan Madiun mempunyai pengaruh yang sangat rendah dalam kategori baik. Dari hasil penghitungan product moment, hasil yang diperoleh adalah 0,157 bila dibandingkan dengan taraf signifikan 95 % dan 99 % dengan N = 25 yakni 0,396 dan 0,505 maka nilai rxy 0,157 lebih kecil dari taraf signifikansi 95 % dan 99 % (0,157 0,396 dan 0,505). Dengan mengkonsultasikan pada interpretasikan pada tabel r berada diantara 0,000 - 0,199 yang berarti pengaruh sangat rendah, sehingga hipotesis nihil yang diajukan diterima baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%. Maka dengan demikian berarti hipotesis kerjanya ditolak, dan penulis dapat membuat kesimpulan dari penelitian yaitu tidak ada pengaruh Pendidikan Aqidah-Akhlak dalam membentuk karakter siswa yang baik di MAN Mejayan Madiun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, Siti Maria--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Aqidah Akhlak; Karakter Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 11 Apr 2019 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9389

Actions (login required)

View Item View Item