Penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Sma Muhammadiyah 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sugiarti, Ayu (2011) Penerapan prinsip-prinsip Good Governance dalam pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam di Sma Muhammadiyah 3 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (239kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bagi bangsa yang sedang berkembang seperti bangsa Indonesia saat ini merupakan kebutuhan mutlak yang harus dikembangkan sejalan dengan tuntunan pembangunan secara tahap demi tahap. Pendidikan yang dikelola dengan tertib, teratur, efektif, dan efisien akan mampu mempercepat jalannya proses pembudayaan bangsa yang berdasar pokok pada penciptaan kesejahteraan umum dan pencerdasan kehidupan bangsa kita serta mencapai pendidikan yang bermutu. Untuk mencapai terselenggaranya pendidikan yang bermutu, dikenal dengan perlunya paradigma baru pendidikan yang difokuskan pada otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi. Keempat pilar manajemen ini diharapkan pada akhirnya mampu mendukung terwujudnya good governance. Good governance merupakan konsep tentang tatanan pemerintah yang baik, tidak terlepas dari peranan pendidikan. Terwujudnya good governance dalam kehidupan bernegara merupakan refleksi dari kondisi masyarakat yang mendukung terlaksananya good governance. Kondisi suatu masyarakat yang siap dan mendukung itu tidak terlepas pula dari budaya yang ada dalam masyarakat dan sangat sesuai dengan konsep tentang good governance, sedangkan budaya masyarakat berkembang karena adanya pendidikan. Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah, Bagaimana penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, kendala dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya dan bagaimana dampak good governance terhadap pengelolaan lembaga pendidikan Islam di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Dalam penulisan skripsi ini, diperlukan data yang valid dan representatif dengan permasalahan yang dibatasi melalui penelitian lapangan (field research) dan dalam pembahasan skripsi ini, penulis menggunakan analisa data deskriptif analisis. Dan untuk metode pengumpulan datanya menggunakan Metode observasi, metode interview, metode dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh selama penelitian, dapat disimpulkan penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam berada dalam kategori baik, kendala dalam menerapkan prinsip-prinsip good governance dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam berada pada bidang keuangan, dampak good governance terhadap pengelolaan lembaga pendidikan Islam juga termasuk dalam kategori baik, karena mempunyai peranan yang sangat penting khususnya dalam bidang pendidikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sugiarti, Ayu--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Prinsip-prinsip good governance; pengelolaan lembaga pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2011
Last Modified: 27 Sep 2018 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item