PENDIDIKAN KARAKTER : STUDI KASUS POLA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM TERPADU MISYKAT AL ANWAR JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faishol, Adib (2011) PENDIDIKAN KARAKTER : STUDI KASUS POLA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM TERPADU MISYKAT AL ANWAR JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya demoralisasi anak dan remaja semakin meningkat menjadi kegelisahan oleh berbagai pihak. Banyak prilaku anak dan remaja telah melanggar norma-norma agama, seperti: berkurangnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, menurunya semangat belajar, tindak kekereasan hubungan antar jenis yang melampui batas, gemar melihat gambar porno, pengguna narkoba. Hal ini menggugah keprihatinan dari banyak kalangan, termasuk SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang telah berupaya pembentukan karakter siswa yang baik untuk mengantisipasi agar demoralisasi remaja tersebut tidak terjadi ada anak-anak didikanya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pendidikan karakter yang diterapkan di SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang, dengan sub fokus penelitian: (1) Karakter siswa SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang, (2) Pola pembentukan karakter siswa di SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, pengamatan berpartisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru, dan orang tua.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakter siswa yang dikembangkan di SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang bersumber dari nilai-nilai yang meliputi: Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan/Religiusitas, Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama dan lingkungan, dan Nilai kebangsaan. (2) pola pembentukan karakter siswa di SMP Islam Terpadu Misykat al-Anwar Jombang diselenggarakan dengan pendekatan terpadu yang bertumpu pada tiga pilar/komponen, yaitu Pengembangan program dan kebijakan sekolah, Program pembelajaran, Kemitraan dengan wali siswa.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang berupa proposisi, (1) apabila pendidikan karakter didasarkan pada visi dan misi yang jelas, rumusan karakter dasar yang detail, prinsip-prinsip yang kuat dan metode-metode yang tepat, maka akan berjalan secara efektif dan efisien. (2) bahwa apabila pola pembentukan karakter di dasarkan pada pendekatan terpadu, dengan melibatkan peran dan tanggung jawab semua komponen pendidikan di sekolah dan peran sera orang tua di rumah, maka akan berjalan efektif dan efisien

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faishol, AdibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Karakter, Pendidikan, Pola Pembentukan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2012
Last Modified: 26 Feb 2015 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9561

Actions (login required)

View Item View Item