Identifikasi tingkat berpikir Geometri siswa menurut teori Van Hiele ditinjau dari perbedaan Gender pada materi pokok Segiempat: studi kasus Kelas VII SMPN 2 Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifah, Siti Kurotul (2012) Identifikasi tingkat berpikir Geometri siswa menurut teori Van Hiele ditinjau dari perbedaan Gender pada materi pokok Segiempat: studi kasus Kelas VII SMPN 2 Gedangan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.2.3.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran geometri merupakan hal yang sangat penting karena pembelajaran geometri sangat mendukung banyak topik lain, dan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah. Pada dasarnya geometri mempunyai peluang yang besar untuk dipahami dibandingkan dengan cabang matematika yang lain. Namun bukti-bukti dilapangan menunjukkan bahwa hasil belajar geometri masih rendah dan masih mengalami kesulitan dalam memahami materi geometri. Untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar geometri tersebut maka perlu adanya identifikasi tingkat berpikir siswa, salah satu teori yang mempelajari tingkat berpikir yaitu Van Hiele. Van Hiele mengungkapkan ada 5 tingkatan berpikir siswa dalam belajar geometri yaitu tingkat 0 (visualisasi), tingkat 1 (analisis), tingkat 2 (deduksi informal), tingkat 3 (deduksi), dan tingkat 4 (Akurasi). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat berpikir siswa menurut teori Van Hiele ditinjau dari perbedaan gender. Perbedaan gender yang dimaksud adalah perbedaan kemampuan berpikir laki-laki dan kemampuan perempuan dengan kemapuan tinggi, sedang, rendah. Pengelompokan siswa didasarkan pada nilai raport matematika semester ganjil tahun ajaran 2011\\2012. Pengelompokan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan standart deviasi dan rataan nilai. Dari masing-masing kelompok diambil 1 siswa laki-laki yang berkemampuan tinggi, 1 siswa laki-laki yang berkemampuan sedang, dan 1 siswa laki-laki berkemampuan rendah, 1 siswa perempuan yang berkemampuan tinggi, 1 siswa perempuan yang berkemampuan sedang, dan 1 siswa perempuan berkemampuan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan tes dan wawancara yang beracuan kepada indikator berpikir Van Hiele, sehingga dari data yang diperoleh peneliti dapat menentukan kecenderungan tingkat berpikir siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir siswa laki-laki berada pada tingkat 1, dan tingkat berpikir siswa perempuan pada tingkat 1, dan secara garis besar tidak ada perbedaan antra tingkat berpikir siswa laki-laki dan perempuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifah, Siti Kurotul--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Tingkat Berpikir; Teori Van Hiele; Geometri; Gender; Segiempat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 29 Mar 2018 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9638

Actions (login required)

View Item View Item