PROFIL ABSTRAKSI SISWA DALAM MENGKONSTRUK HUBUNGAN ANTAR SEGITIGA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juwita, Eka Ratna (2012) PROFIL ABSTRAKSI SISWA DALAM MENGKONSTRUK HUBUNGAN ANTAR SEGITIGA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2, 3.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Abstraksi adalah kegiatan mengorganisasi konsep matematika yang telah dimiliki sebelumnya menjadi sebuah struktur metamatika baru. Aktivitas yang digunakan dalam abstraksi adalah mengenali, merangkai dan mengkonstruksi. Mengenali berarti mengidentifikasi suatu struktur matematika yang telah ada sebelumnya. Merangkai yaitu menggunakan pengetahuan terstuktur untuk dirangkai menjadi kemungkinan penyelesaian dari masalah yang diberikan dan mengkonstruksi adalah mengorganisasi ciri yang dimiliki objek menjadi struktur baru yang belum dimiliki. Pada proses abstraksi siswa menggunakan atribut yang dimiliki oleh objek, yaitu atribut rutin, atribut non rutin dan atribut tak bermakna. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil abstraksi siswa kelompok tinggi, sedang dan rendah dalam mengkonstruk hubungan antar segitiga. Aktivitas abstraksi siswa haruslah menjadi perhatian, karena untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami suatu konsep dan bagaimana ia dapat mengkonstruk konsep yang telah ia miliki sebelumnya dengan konsep yang baru hingga menemukan sebuah hubungan dari konsep tersebut.
Pengambilan subjek penelitian didasarkan pada nilai rapor matematika semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Pengelompokan siswa tersebut dilakukan dengan menggunakan standar deviasi dan rataan (mean) nilai. Dari masing-masing kelompok diambil 2 siswa sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan tes dan wawancara. Soal yang dibuat berdasarkan indikator langkah-langkah aktivitas abstraksi sehingga dari data penelitian yang diperoleh, peneliti dapat menentukan kecenderungan atribut yang digunakan dari tiap aktivitas abstraksi.
Hasil penelitian menunjukkan pada aktivitas mengenali segitiga siswa kelompok tinggi dan sedang cenderung menggunakan atribut rutin, sedangkan kelompok rendah cenderung menggunakan atribut tak bermakna. Pada aktivitas merangkai ciri antar segitiga, kelompok tinggi cenderung merangkai dengan benar, kelompok sedang dan rendah cenderung merangkai yang kurang benar. Pada aktivitas mengkonstruk hubungan antar segitiga terjadi kesamaan dari kelompok tinggi, sedang dan rendah yaitu dalam mengkonstruk hubungan antar segitiga kurang lengkap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juwita, Eka RatnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Abstraksi; Mengenali; Merangkai; Mengkonstruk; Segitiga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Sep 2012
Last Modified: 15 Apr 2015 03:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9641

Actions (login required)

View Item View Item