Implementasi Hemesfer dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Bulubrangsi Laren Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Indah (2012) Implementasi Hemesfer dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Bulubrangsi Laren Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (897kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sekripsi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama merupakan suatu problem tersendiri dalam suatu Negara yang menuntut kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang. Untuk itu pendidikan harus ditangani dengan serius dan harus menfasilitasi aktifitas pembelajaran yang mencakup kekuatan hemesfer (otak kanan dan otak kiri). tetapi masih banyak para pendidik dalam menyampaikan pembelajaran hanya mengunakan otak kiri saja sehingga pembelajaran tersebut membosankan dan tidak efektif, Peserta didik hanya mendengarkan saja sehingga tidak membekas dalam perilaku sehari-hari mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi hemesfer dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Bulubrangsi Laren Lamongan serta faktor apa yang mendukung dan menghambat implementasi Hemesfer. Dalam hal ini penulis mengambil objek penelitian di SD Negeri Bulubrangsi Laren Lamongan kelas 2, dengan menggunakan teknik purposive sample, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan alat pengumpulan data menggunakan interview sebagai pengumpulan data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan analisis kuantitatif deskriptif yang berupa prosentase.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya Implementasi Hemesfer dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Bulubrangsi terlaksana dengan baik dan menekankan pada proses praktek contohnya dalam bab shalat dan memelihara lingkungan yakni dengan secara langsung melibatkan semua indera dari peserta didik. Dengan bentuk pembelajaran yang aktif, kreatif, enjoy, motivation, dan self esteem. Dengan itu maka peserta didik tidak akan merasa bosan atau jenu. dan dengan cara itu pula peserta didik akan lebih mudah dalam penangkapan materi. Adapun faktor yang mendukung dan kendala dalam mengimplementasikan hemesfer dalam pembelajaran PAI di SD Negeri Bulubrangsi adalah fasilitas sekolah yang kurang memadai, oleh karena penanggulangan masalah itu adalah dengan menggunakan semua objek yang ada di sekolah untuk dijadikan penunjang pembelajaran tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Indah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Keywords: Hemesfer
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2012
Last Modified: 24 Jan 2018 04:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9673

Actions (login required)

View Item View Item