Efektivitas metode Tutorial Teman Sebaya dalam meningkatkan daya ingat (memori) siswa: pada pembelajaran Bahasa Inggris

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafruhah, Mafruhah (2012) Efektivitas metode Tutorial Teman Sebaya dalam meningkatkan daya ingat (memori) siswa: pada pembelajaran Bahasa Inggris. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (649kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tutorial teman sebaya dalam meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran bahasa inggris di MTS Raudlatul Ulum Bilapora Rebba Lenteng Sumenep. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VII MTS yang terdiri dari 40 siswa, 20 siswa sebagai kelompok control dan 20 siswa sebagai kelompok eksperiment. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta pendekatan eksperimen murni degan jenis penelitian menerapkan desain eksperimen ulang (pre-tes post-test control group design).
Penelitian ini menggunakan metode analisis statistic non-parametrik, yaitu Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS 11.5. dari hasil analisis data dapat diperoleh probabilitas nilai dari Zhitung -3,162 dan nilai signifikansi 0,002 pada taraf signifikansi (@) 5%, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian, hipotesis statistik di atas yang menyatakan ada perbedaan kemampuan tingkat mengingat antara siswa kelompok yang diberikan metode tutorial teman sebaya dengan siswa kelompok control yang tidak menggunakan metode tutorial teman sebaya, terbukti diterima. Hal ini karena dari 20 siswa kelompok eksperiment yang dibandingkan, terdapat 20 (keseluruhan) siswa kelompok eksperimen kemampuan mengingatnya pada pembelajaran bahasa inggris lebih meningkat dibandingkan kemampuan mengingat pada kelompok control.
Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan metode tutorial teman sebaya efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa pada pembelajaran bahasa inggris terbukti kebenarannya. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata siswa kelompok eksperimen yang memiliki kemampuan berbahasa inggris lebih tinggi dibandingkan kamampuan pada kelompok control

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Nailatin Fauziyah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafruhah, Mafruhah--UNSPECIFIED
Subjects: Motivasi Belajar
Keywords: Tutorial Teman Sebaya; Ingatan; Siswa Kelas VII MTS Raudlatul Ulum Lenteng Sumenep
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2006
Last Modified: 02 Jan 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/9966

Actions (login required)

View Item View Item