PENGGUNAAN METODE MEMBACA INTENSIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN POKOK PIKIRAN SUATU BACAAN KELAS V MI DARUL ULUM GONDANGWETAN PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Siti (2014) PENGGUNAAN METODE MEMBACA INTENSIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN POKOK PIKIRAN SUATU BACAAN KELAS V MI DARUL ULUM GONDANGWETAN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil evaluasi belajar siswa tentang pokok pikiran dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran siswa Kelas V MI Darul Ulum Gondangwetan Pasuruan masih rendah. Hal ini dapat diamati dari nilai hasil evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca tidak sesuai dengan yang diharapkan. Saat pembelajaran berlangsung siswa tidak mampu menentukan pokok pikiran suatu bacaan karena kurangnya penguasaan pemahaman dalam membaca sehingga mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak tercapai sesuai Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM) yang ditetapkan.
Standar Ketuntasan Belajar Mengajar (SKBM) yang dicapai 61,8, padahal SKBM yang ditentukan adalah 70. Nilai tersebut dapat mengindikasikan bahwa siswa Kelas V MI Darul Ulum Gondangwetan Pasuruan mengalami kesulitan memahami bacaan dalam menentukan pokok pikiran. Disamping itu pengajar menyadari bahwa metode pembelajaran yang dilakukan masih bersifat abstrak karena dalam memberikan penjelasan dilakukan secara singkat dan hanya mengunakan satu buku sumber. Berdasarkan hasil diskusi antara pengajar dan teman sejawat dan refleksi terhadap masalah tersebut disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode membaca intensif.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini siswa Kelas
V MI Darul Ulum Gondangwetan Pasuruan.
Hasil penelitian dengan menggunakan metode membaca intensif, siswa menjadi lebih senang dan antusias dalam membaca karena untuk menentukan pokok pikiran siswa dituntut untuk memahami isi bacaan. Siswa senang membuat suatu karya terutama cerita pendek untuk dipajang di kelas sebagai media pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Masyhudi Ahmad
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Membaca Intensif; Pokok Pikiran; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Feb 2015 03:31
Last Modified: 20 Feb 2015 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item