This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yani, Wulan Desy Indry (2012) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui program micro teaching di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nurul Islam Krembung Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi profesional guru adalah seperangkat pengetahuan, ketrampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru dalam menjalankan tugas keprofesionalan. Upaya yang telah dilakukan kepala sekolah untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan adalah dengan mengadakan program micro teaching. Program micro teaching dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan profesional guru sesuai dengan fungsi micro teaching itu sendiri. Yakni bahwa micro teaching sangat efektif dalam membantu guru untuk mengembangkan kemampuan mengajarnya. Micro Teaching ditujukan untuk pembentukan professional guru. sasaran yang hendak dicapai adalah guru supaya memiliki seperangkat pengetahuan, ketrampilan, nilai, sikap serta tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya serta cakap dan tepat menggunakannya dalam tugas dan perannya di sekolah. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana bentuk peningkatan kompetensi profesional guru di SDIT Nurul Islam Krembung?, Bagaimana pelaksanaan program micro teaching di SDIT Nurul Islam Krembung ?, Dan Bagaimana peningkatan kompetensi profesional guru melalui program micro teaching di SDIT Nurul Islam Krembung ? Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode pengumpulan data: observasi, interview, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi informan penelitian dalam penelitian ini adalah, kepsek, wakasek kurikulum selaku ketua program micro teaching, Guru, siswa dan orang tua siswa. Adapun langkah dalam tekhnik analisis data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah ; (1) bentuk peningkatan kompetensi professional guru adalah semua guru memiliki pengalaman mengajar yang relevan untuk mengembangkan kualitasnya, setiap kali akan mengajar selalu membuat rencana pembelajaran, metode yang digunakan bervariasi disesuaikan dengan materi yang diajarkan dan disesuaikan dengan kondisi, melakukan situasi interaksi yang baik dengan siswa, bertegur sapa dengan sesama saat bertemu, berkomuikasi secara efektif dan selalu mengadakan evaluasi pada setiap selesai satu pokok bahasan. (2) Pelaksanaan program micro-teaching di SDIT Nurul Islam Krembung, pada prinsipnya merupakan realisasi pola-pola pengajaran yang sesungguhnya (real teaching) yang didesain dalam bentuk mikro atau diperkecil dengan siswa yang tidak sebenarnya. Setiap guru membuat persiapan mengajar yang kemudian dilaksanakan dalam proses pembelajaran bersama siswa atau teman sejawat (peer teaching) dengan seting kondisi dan konteks kegiatan belajar mengajar yang sesungguhnya. Sedangkan sebagai observer adalah wakasek kurikulum atau kepala sekolah. (3) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui program micro teaching di SDIT Nurul Islam Krembung adalah nyata dan baik. Hasil yang didapat dari program micro teaching ini adalah guru sangat menunjukkan keprofesionalannya dalam mengajarkan pelajaran didalam kelas maupun mampu berkomunikasi secara efektif dengan siswa, sesama guru maupun orang tua siswa. Program micro teaching ini sangat efektif dan telah membantu guru dalam mengembangkan maupun meningkatkan kompetensi profesionalnya.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Profesionalisme Guru |
||||||||
Keywords: | Kompetensi guru; micro teaching | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 07 Dec 2012 | ||||||||
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:26 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10119 |
Actions (login required)
View Item |