This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Yunita L., Ani (2012) EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DI SMP UNGGULAN PONDOK PESANTREN AL-FALAH BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
COVER.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (101kB) | Preview |
Abstract
Di sekolah ini menggunakan beberapa metode pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, misalnya; metode membaca, metode langsung, metode qowa’id, metode terjemah, metode sosiodrama, ceramah, Tanya jawab, dan lain sebagainya.
Salah satu Metode pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam bahasa arab adalah metode sosiodrama.
Adapun rumusan masalah yang diangkat oleh penulis adalah
1. Bagaimana penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara di SMP Unggulan Al-Falah Bojonegoro?
2. Bagaimana kemampuan berbicara murid SMP Unggulan Al-Falah Bojonegoro?
3. Bagaimana efektifitas penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara di SMP Unggulan Al-falah Bojonegoro?
Sedangkan instrumen pengumpulan datanya adalah; interview, angket, dan dekumentasi.
Setelah mengadakan penelitian dengan interview terhadap guru serta hasil angket, maka hasil yang dapat dilihat adalah: 1. Metode sosiodrama digunakan dalam pengajaran bahasa arab bahkan kadangkadang, guru menggunakan bahasa arab langsung untuk menjelaskan materi pelajaran. Dengan cara ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Dan
dari hasil angket dengan nilai 0,425 mengidentifikasikan bahwa penerapan metode sosiodrama dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam pengajaran bahasa arab adalah alat yang baik.
2. Kemampuan berbicara siswa di Pondok Pesantren ini hanya sebagian dari mereka yang bisa berbicara bahasa arab meskipun sedikit, dan terkadang guru-guru dalam mengajar pelajaran bahasa arab tidak berbicara bahasa arab.
3. Bahwa penerapan sosiodrama di SMP UNGGULAN Pondok Pesantren “Al- Falah”, memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan berbicara.
Dan setelah melakukan Penelitian untuk menganalisis data yang jelas bahwa ada efektivitas baik dalam penerapannya. Menggunakan rumus (product moment) N = 37 nilai (rt) untuk signifikansi 5% 0325 maka didapatkan ro>rt (0,425 >0,325) adalah nilai rxy 0,425 interval koefisien 0,40-0,70 ini
bahwa efektivitas dari variabel x, ke variabel y adalah sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | Metode Sosiodrama | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2012 | ||||||
Last Modified: | 13 Apr 2015 03:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10167 |
Actions (login required)
View Item |