Al Jinas dalam Syiir Al Nabighah Al Dzubyany : tinjaun studi balaghah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munimah, Munimah (2012) Al Jinas dalam Syiir Al Nabighah Al Dzubyany : tinjaun studi balaghah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munimah_A01208013.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/10179

Abstract

Al-Nabihghah Al-Dzubyany adalah salah satu penyair terkenal pada masa Jahili. Ia dijuluki sebagai Al-Nabighah karena sejak muda ia pandai berpuisi. Kata Nabighah berarti orang yang pandai bersyi’ir. Beliau dapat mengungguli penyair-penyair lainnya karena ilmunya yang istimewa. Oleh karenanya beliau diumpamakan air bah yang melimpah. Bahkan penyair ini selalu dijadikan sebagai dewan juri pada sebuah perlombaan membaca puisi dan pidato, yang diselenggarakan setiap tahun di pasar Ukaz. Dalam syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany setelah penulis teliti, banyak terdapat al-jinas (kemiripan pengungkapan dua lafazh yang berbeda artinya). Jinas terdapat dua macam yaitu jinas tam dam jinas ghairu tam. Karena banyaknya syi’ir-syi’ir tersebut mengandung macam-macam jinas diatas, maka penulis berkeinginan meneliti dari segi jinas pada syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany. Karena itu penelitian ini penulis beri judul “Al-Jinas fi syi’iri Al-Nabighah Al-zubyany”. Adapun pokok masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: (i) Apa macam-macam jinas dalam syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany?. (ii) Apakah ciri-ciri jinas dalam syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany?. Adapun tujuan dalam pembahasan skripsi ini adalah: (i) ingin mengetahui macam-macam jinas dalam syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany. (ii) ingin mengetahui cirri-ciri jinas dalam syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany. Dalam penelitian ini metode yang digunakan di dalam judul: Al-jinas fi syi’ri Al-Nabighah Al-Dzubyany yaitu metode Deskripsi (Untuk memberi gambaran dan penjelasan tentang penelitian ini) serta metode Analisis (sebagai alat untuk mengkaji lebih dalam pada penelitian ini). Analisa dalam penelitian ini, ada di bab IV. Meliputi: macam-macam jinas, kualitas makna dan analisa jinas pada tiap bait-bait dari syi’ir Al-Nabighah Al-Dzubyany. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasanya dalam syi’ir (Puisi) Al-Nabighah Al-Dzubyany terdapat dua macam jinas, jinas tam (3) dan jinas ghairu tam (29).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munimah, MunimahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Keywords: Syi'ir al Nabighah; Al Jinas
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2012
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/10179

Actions (login required)

View Item View Item